Forum
Penjelasan SBS Terkait Dihapusnya Red Velvet dari Siaran 'Ontact Gangnam Festival 2020'
ARTIKEL
November 03, 2020
Penulis johndearc
Editor Augusta Regina
https://s.kaskus.id/images/2020/11/03/8391241_202011031042130917.jpg

Pada 1 November waktu setempat, stasiun tv SBS menayangkan ulang acara "Ontact Gangnam Festival 2020". Konser yang digelar pada tanggal 18 Oktober ini menampilkan beberapa idol K-pop. Satu diantaranya adalah Red Velvet yang membawakan sejumlah lagu hits mereka. Artis di bawah naungan SM Entertainment ini tampil membawakan lagu hits milik mereka. Lagu seperti "Umpah Umpah", "Psycho" dan "Bad Boy" sukses mereka bawakan di acara tersebut.

Namun, dalam tayangan ulang acara itu, semua penampilan Red Velvet telah diedit. Penyelenggara acara, yakni pihak SBS mendadak menghapus penampilan Red Velvet. SBS mengedit siaran langsung itu dan langsung meloncat ke bagian akhir pertunjukan tanpa menayangkan penampilan Red Velvet. Kuat dugaan kalau hal itu berkaitan dengan kontroversi yang belakangan menimpa Irene Red Velvet. Sontak penayangan ulang acara ini langsung membuat para penggemar Red Velvet kaget. Acara tersebut sendiri ditampilkan secara virtual. 

Tak sedikit penggemar yang merasa marah atas tindakan pihak stasiun tv itu. Gelombang pro-kontrapun tak dapat dihindari. ReVeluv yang merupakan penggemar dari Red Velvet berbondong-bondong menyampaikan kekesalannya pada SBS. Terlebih SBS sendiri memotong pertunjukan tanpa memberikan pernyataan apapun. Komentar pengecaman yang dilayangkan oleh ReVeluv mendapat komentar tandingan dari netizen Korea. Sebagian besar netizen Korea malah sepakat dengan tindakan yang dilakukan oleh SBS.

Pernyataan pihak SBS


Melihat gelombang pro kontra yang timbul, akhirnya pihak SBS pun angkat bicara. Melalui outlet media setempat, SBS menyampaikan jika keputusan itu diambil semata-mata karena masalah waktu siar. Mereka beralasan bahwa runtime TV yang dialokasikan lebih pendek daripada waktu streaming langsung, sehingga mau tak mau mereka harus memotong beberapa penampilan. 

"Tidak cukup waktu yang dialokasikan untuk siaran di televisi dibandingkan dengan durasi konser yang sebenarnya. Durasi keseluruhan konser harus dipersingkat selama proses penyuntingan. Kami meminta pengertian kalian," kata sumber SBS, dilansir Soompi, Senin (2/11/2020).

Kendati telah ada pernyataan resmi dari pihak SBS, baik ReVeluv maupun penggemar Kpop menyayangkan keputusan SBS tersebut. Sebab, menurut pantauan penggemar, penampilan Red Velvet lah yang dituding membuat jumlah penonton di siaran live konser langsung meningkat.

Penghapusan ini bukan kali pertama terjadi usai kontroversi yang menimpa Irene. Publik Korea masih kecewa berat akan sikap buruk yang dilakukan oleh visual girl band Red Velvet itu. Sebelumnya, brand CLINIQUE pun baru-baru ini telah menghapus iklan dan poster yang menampilkan wajah Irene. 

Diketahui, Irene Red Velvet sempat dikekang habis-habisan usai dianggap memiliki perilaku yang buruk. Hal ini berawal dari postingan seorang yang mengaku sakit hati dengan perkataan seorang idol. Saat itu sang pengirim postingan tidak secara blak-blakan mengungkap siapa idol yang dimaksud. Melihat dirinya jadi pergunjingan, Irene pun mengakui kesalahannya. Idol kelahiran 1991 itu secara terbuka meminta maaf ke publik. Namun tindakan itu tak juga meredam kekecewaan sejumlah orang. 

Tautan artikel asli