Forum
[Review] 'The Wailing', Film Adu Ilmu Santet ala Korea yang Menegangkan
ARTIKEL
November 18, 2020
Penulis archangela13
Editor Augusta Regina



Bagi kalian para pecinta horror terutama horor Asia, film yang satu ini akan sayang jika dilewatkan. The Wailing adalah film dengan genre horor asal Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2016. Film ini disutradarai oleh Na Hong Jin dan dibintangi oleh Kwak Do Won, Hwang Jung Min, Chun Woo Hee dan yang lainnya. The wailing telah mendapatkan banyak penghargaan selama penayangannya. Film ini digarap dengan sangat apik dan seru.

Sebelum masuk ke review, seperti biasa yuk kita ulas sedikit sinopsisnya!

The wailing menceritakan mengenai desas desus kematian misterius di sebuah desa yang awalnya dicurigai berawal dari jamur beracun. Seorang petugas polisi daerah bernama Jong Goo (Kwak Do Won) bertugas menyelidiki kasus kematian yang tak kunjung usai tersebut. Wabah ini kemudian meneror putri semata wayangnya, yaitu Hyo Jin (Kim Hwan Hee). Awalnya Hyo Jin hanya mengalami ruam kulit, akan tetapi perilakunya pun juga ikut berubah dan memprihatinkan, seolah seperti orang yang sedang kerasukan.

Kasus misterius ini lalu dikaitkan dengan salah satu penduduk Jepang yang hidup menyendiri di sebuah hutan. Jong Goo menyelidiki pria tersebut dan menemukan banyak keganjilan berupa benda-benda aneh yang berada di rumah pria misterius itu.

Dia lalu berpikir semua masalah yang terjadi adalah ulah pria Jepang itu, dan anaknya juga kena imbasnya karena pernah bertemu dengannya entah secara sengaja atau tidak. Keluarga Jong Goo kemudian sepakat untuk memanggil cenayang terkenal bernama Il Gwang untuk mengobati putrinya dan mengusir roh jahat yang menempel di tubuh Hyo Jin.

Cerita mulai tampak membingungkan saat cenayang ini datang dan melakukan ritual pengusiran roh jahat. Hingga akhir cerita kita akan dibuat penasaran mengenai sosok yang sebenarnya menjadi dalang atas timbulnya masalah ini.

Nah sekarang kita bahas mengenai reviewnya ya!

The Wailing ini memang sebuah film yang jauh dari jump scare seperti film horor lain pada umumnya. Jadi kalian jangan pernah berekspektasi untuk mendapatkan efek mengejutkan seperti film horor lain saat menontonnya. Akan tetapi, film ini menjadi bagus dan menarik karena setiap pemerannya benar-benar terlihat menghayati tiap adegannya. Dan ini membuat film tersebut menjadi lebih hidup dan mendapatkan kesan penasaran yang kuat.

Dari sini kita juga dapat melihat adu ilmu santet ala orang Korea yang sebelumnya belum pernah diperlihatkan dimanapun. Ternyata tak hanya di negara kita, di Korea pun terutama di daerah pinggiran juga masih mempercayai akan hal ini. Mereka melakukan pengusiran setan dengan menggunakan keahlian seorang shaman atau dukun.

Yang membuatnya menarik lagi adalah plot twist yang disajikan dalam The Wailing ini sangat membuat kita berpikir keras. Kita seolah dipaksa harus melihat dengan seksama dari awal hingga akhir cerita untuk menarik sebuah kesimpulan dari film tersebut.

Dan film ini memang pada akhirnya menimbulkan banyak spekulasi dan pertanyaan-pertanyaan besar terkait cerita akhir yang ditampilkan.


Itu dia sedikit cerita pengalaman setelah menonton The Wailing, gimana, apa kalian tertarik buat nonton film horor yang satu ini?



Tautan artikel asli