Forum
Hidangan Berbahan Dasar Telur ala Korea yang Mudah Dibuat!
ARTIKEL
November 24, 2020
Penulis Kreativv.com
Editor Augusta Regina


Jika kamu suka nonton K-drama, tentu kamu juga sering melihat adegan di mana orang-orang sedang menikmati kuliner khas mereka yang lezat. Makanya, makanan Korea pun ikut populer di Indonesia sampai orang berlomba berbagi resep makanan ini. Ada yang paling simpel bikinnya karena cukup menggunakan bahan telur. Nah, kuliner Korea ini bahkan bisa kamu bikin sendiri di rumah. Ini adalah resep makanan khas Korea Gyeranjjim dan Gyeran Mari, atau Korean Steamed Eggs dan Korean Egg Roll. Langsung kita simak resepnya, yuk!

Resep Gyeranjjim (Korean Steamed Eggs)


sumber: koreanbapsang.com

Gyeranjjim adalah sajian yang mirip seperti puding berbahan telur dengan rasa gurih. Ini adalah lauk yang populer dan cocok dengan makanan khas apapun di Korea. Berikut resep untuk Gyeranjjim.

Bahan:

4 butir telur besar
200 kaldu ikan teri (bisa juga kamu ganti dengan kaldu sapi atau ayam)
1½ sendok teh saeujeot (salted shrimp) atau ¾ sendok teh garam (atau fish sauce)
2 sendok makan daun bawang, dicincang

Cara menyiapkan kocokan telur:

Siapkan mangkuk untuk tempat mengocok telur. Masukkan semua telur. Kocok telur dengan sendok.


sumber: koreanbapsang.com

Siapkan saringan dan satu mangkuk kosong. Saring kocokan telur sambil diaduk pelan hingga cairan telurnya menjadi sangat lembut setelah tersaring. Jika kamu mau melewatkan proses ini, maka pastikan kamu mengocok telurnya dengan amat sangat lembut.


sumber: koreanbapsang.com

Ambil mangkuk tahan panas, masukkan telur kocok. Tambahkan kaldu, saeujeot, garam.

sumber: koreanbapsang.com

Cara memasak telur dengan pot keramik atau mangkuk tahan panas:

1. Masukkan campuran telur ke dalam pot. Tutup pot dan didihkan telur dengan api sedang di kompor sekitar 7 menit. Campuran telur biasanya masih encer di bagian tengah pot.
2. Aduk telur dengan lembut dalam gerakan memutar, gunakan sendok untuk mengaduk. Kecilkan api. Masukkan irisan daun bawang, tutup pot kembali, didihkan selama 2-3 menit hingga campuran telurnya matang dengan tekstur padat.

Resep Gyeran Mari (Korean Egg Roll)


sumber: koreanbapsang.com

Kuliner khas ini sangat terkenal. Selain cara membuatnya yang gampang, rasanya pun gurih dan nikmat. Berikut resepnya.

Bahan:
5 butir telur besar
1 sendok makan rice wine
½ sendok teh garam
1 sendok makan daun bawang cincang
60 gram keju mozzarella
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Pecahkan telur, masukkan ke dalam wadah baskom sedang, kocok. Saring telur di wadah lain agar teksturnya jadi halus banget. Tambahkan rice wine dan garam, kocok rata. Tambahkan daun bawang cincang. Kamu bisa tambahkan wortel cincang sesuai selera.



sumber: koreanbapsang.com

Panaskan kompor dengan api kecil. Gunakan teflon kecil. Sapukan minyak dengan kuas. Tuangkan kocokan telur sedikit. Kecilkan api. Begitu pinggiran telur matang, dan bagian atasnya matang sekitar 80% hingga 85%, taburkan keju di tengah teflon dan mulai gulung telur dengan spatula atau sumpit.


sumber: koreanbapsang.com

Letakkan gulungan telur ke pinggir sebelah kiri atau kanan teflon, sapukan minyak dengan kuas. Tuangkan lagi telur sisanya. Ulangi langkah nomor 2, tapi kali ini gulungan telur yang sudah ditaruh di pinggir teflon harus ikut digulung. Gulungan telurnya akan terus membesar seiring kocokan telurnya ditambahkan sampai habis.


sumber: koreanbapsang.com

Taruh telur gulung yang sudah matang, diamkan 5-10 menit hingga dingin. Letakkan di atas talenan. Potong-potong egg roll. Siap disajikan.


sumber: koreanbapsang.com


sumber: koreanbapsang.com


Demikian resep makanan Korea berbahan telur yang sangat simpel tapi mantap rasanya. Jadi bagaimana? Kuliner khas Negeri Gingseng ini nggak cuma kimchi aja, kan? Makanan korea ini juga wajib disantap. Semuanya bisa kamu bikin sendiri di rumah. Cocok juga buat menu hidangan akhir pekan, nih. Selamat memasak!

Tautan artikel asli