Forum
SM Entertainment Beri Tanggapan Terkait Isu Plagiarisme di MV aespa
ARTIKEL
December 23, 2020
Penulis psychoyoun
Editor Augusta Regina

foto: SM Entertainment

Sejak teaser debut baru dirilis, aespa memang sudah harus menghadapi beberapa rumor plagiarisme sekaligus. Mulai dari seorang tuduhan fotografer. dan saat rilis MV 'Black Mamba,' ada beberapa scene yang mirip dengan konsep milik seniman visual dari Jerman bernama Timo Helgert.

Saat itu, Timo Helgert mengaku kalau mendapat banyak DM di sosial medianya yang mengatakan kalau ada MV KPop yang mirip dengan karyanya. Dalam postingannya saat itu, Timo Helgert ngaku nggak pernah dikontak oleh agensi tentang penggunaan konsep itu. Ia bahkan menuliskan kalau SM Ent mungkin memang benar-benar menjiplak karyanya.

Setelah beberapa waktu diam, akhirnya SM Entertainment memberikan pernyataan official tentang pertemuan agensi dengan seniman tersebut. Pada Selasa, 22 Desember 2020, agensi mengatakan kalau mereka udah menghubungan seniman dan perusahaan yang banyak dikaitkan dengan beberapa scene MV aespa, 'Black Mamba.'


foto: Instagram/@vacades

"Kami menjelaskan seluruh konsep aespa. Seniman dan perusahaan mengerti tentang rencana dan proses produksi agensi. Mereka mengonfirmasi kalau mereka nggak mempermasalahkan scene dari MV itu."

Selain karya dari Timo Helgert pada bagian subway yang dipenuhi bunga dan ular besar di dalam subway, netter juga menyoroti kalau MV aespa juga mengambil konsep girl group virtual K/DA dari games League of Legends. 

Hm, gimana menurut kalian?

Tautan artikel asli