Forum
Jumlah Fans Hallyu Global Meningkat Hingga Capai 100 juta!
ARTIKEL
January 16, 2021
Penulis shotaromilktea
Editor Anindita Nurizki


Popularitas "hallyu" atau Korean Wave sepertinya belum ada tanda-tanda akan berhenti, meskipun ada batasan aktivitas karena virus Corona, jumlah fans hallyu secara global mencapai 100 juta pada tahun lalu, menurut sumber yang dilansir dari Yonhap News.

Jumlah angka dari anggota fanclub hallyu tersebar di 109 negara, tidak termasuk Korea Selatan, jumlah angkanya meningkat ke 104.770.000 pada September tahun lalu, ada peningkatan 5.5 persen atau bertambah 5.4 juta dari 99.320.000 data ini diperoleh dari Korea Foundation, sebuat organisasi diplomasi publik yang bermarkas di Seoul.


(festival hallyu online KCON:TACT season 2 berhasil meraup 4.4 juta penonton)

Menurut Korea Foundation data tersebut diperoleh dari organisasi dan komunitas global penggemar penyanyi Korea, aktor, budaya dan makanan, klub taekwondo di universitas.

Berdasarkan benua, Afrika dan Timur Tengah berkembang paling pesat untuk popularitas hallyu, dengan fans hallyu naik empat kali lipat menjadi 1.2 juta pada 2020.

Angka anggota fan club di Amerika naik di angka 31 persen dari 12.1 juta ke 15.8 juta, Eropa terdaftar meningkat 25% dari 15 juta ke 18.8 juta. Untuk Asia dan Oseania mengalami penurunan 4 persen dari 71.8 juta anggota ke 69 juta.

Berdasarkan negara, Rusia menduduki peringkat atas peningkatan jumlah fans hallyu dari 4.07 juta. Dari 11.61 juta naik ke angka 15.68 juta, menyumbangkan 75% kenaikan angka secara global.

Di Amerika Serikat dan Kanada juga terlihat angka meningkat tajam bertambah sebanyak  660.000 dan 950.000

Peningkatan jumlah fans hallyu yang demikian stabil berhasil mengatasi batasan kendala bahasa, di mana hal ini menjadi masalah utama untuk ekspansi global, tapi tidak dengan hallyu.
 
Sebaliknya bahasa justru menjadi faktor utama dalam penyebaran konten pop kultur lewat musik, film dan drama, yang mana menjadi tiga pilar utama dari Korean Wave.
Ditambah kesuksesan film komedi gelap "Parasite" menyabet empat penghargaan di Academy Awards, termasuk best picture di awal 2020, menjadi film non-english pertama yang menyabet gelar tersebut, hal ini semakin memuluskan penetrasi film bahasa Korea di pasar global.

(katalog drama Korea di Netflix)

Lalu ada megabintang K-Pop BTS yang lagunya berhasil merajai posisi satu di chart Billboard Hot 100, lalu banyak drama Korea yang masuk daftar 100 program tv terpopuler dari data Netflix, apalagi Netflix memiliki 196 juta pengguna di seluruh dunia.

Sebagai tambahan pemanfaatan konser online berbayar dari teknologi mobile, platform webtoon, popularitas karakter baru seperti Pinkfong, ekspansi konten kultur hallyu juga memberikan kontribusi yang signifikan untuk kelangsungan popularitas Korean Wave.

Meskipun begitu masih ada tantangan yang harus bisa dilewati seperti pembatasan konten hallyu di China dan Jepang dan jumlah fans Eropa terlalu berpusat di Rusia.
 Korean Wave terus berkembang hingga tahun kemarin berkat optimalisasi dari metode online meskipun ada pembatasan COVID-19 di sektor travel. Pemerintah dan sektor publik harus saling bekerjasama untuk mendukung perkembangan hallyu, karena aset yang penting untuk diplomasi publik." ungkap Lee Geun, presiden Korea Foundation.

Nggak kaget ya sama beritanya karena sekarang di Indonesia banyak banget fans K-Pop dan drakor jalur pandemi.

Tautan artikel asli