Kunjungi Forum
EDAM Entertainment Tempuh Jalur Hukum untuk Pemberi Komentar Jahat Pada IU
ARTIKEL
January 26, 2021
Penulis edelweis111
Editor Augusta Regina
https://s.kaskus.id/images/2021/01/26/8391241_202101260418230059.jpg
(Foto: Edam Entertainment)

Sebagai seorang artis, tentu akan dihadapkan dengan berbagai masalah yang timbul terkait penampilan ataupun juga kehidupan pribadinya. Ada yang selalu menyukai dan mendukung artisnya tersebut, akan tetapi tak sedikit juga yang membenci mereka. Biasanya mereka mengungkapkan rasa tidak suka mereka ke dalam komentar jahat yang menyerang akun media sosial para artis tersebut.  Hal ini pun juga dialami oleh penyanyi serta aktris cantik IU. Dia banyak sekali menerima komentar jahat oleh netizen, hingga membuat agensinya pun turut turun tangan menangani hal tersebut dengan membawa kasus ini ke ranah hukum.

Pada 25 Januari, dilansir Soompi, agensi IU membagikan pernyataan untuk memberikan pembaruan tentang tindakan hukum mereka yang sedang berlangsung terhadap pemberi komentar berbahaya.

Pada Juni 2020, EDAM Entertainment merilis pernyataan yang menjelaskan bahwa beberapa pemberi komentar jahat telah diberi dakwaan dengan denda dan yang lainnya sedang diselidiki.

Pernyataan 25 Januari dari agensi tersebut berbunyi :

"Halo, ini EDAM ENtertainment. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para penggemar yang mencintai dan mendukung IU.

Di tahun lalu, kami mengumumkan bahwa kami akan mengambil tindakan hukum yang tegas tanpa keringanan hukuman terkait IU artis kami, yang mencakup fitnah jahat, menyebarkan rumor palsu, pelecehan seksual, pelanggaran privasi, serangan pribadi, dan pencemaran nama baik. Kami sekarang akan memberikan pembaruan lain tentang kemajuan kami dalam masalah ini.

Dari informasi yang diterima melalui akun email tip kami, kami mengetahui bahwa komentar jahat tentang artis kami terus diposting di komunitas online pribadi tertentu.

Kami telah mengumpulkan bukti baru melalui pemantauan kami sendiri serta bukti yang dikirimkan kepada kami oleh penggemar, dan kami telah mengajukan keluhan tambahan untuk penyelidikan dan telah mengkonfirmasi banyak identitas pelaku.

Karena beberapa pelaku terus memposting komentar jahat termasuk fitnah, menyebarkan rumor palsu, dan pencemaran nama baik, mereka didakwa dengan tuduhan termasuk penghinaan dan pencemaran nama baik di bawah hukum pidana dan telah dijatuhi hukuman denda.

Beberapa pelaku lainnya yang dipanggil untuk diperiksa mendapat penangguhan dakwaan dengan syarat tamat pendidikan, setelah mempertimbangkan fakta bahwa mereka adalah pelaku pertama kali.

Kami terus mengajukan keluhan terkait komentar jahat terhadap IU dan penggemarnya dengan mengumpulkan dan melengkapi bukti baru yang dikumpulkan menggunakan pemantauan kami sendiri dan sumber daya lainnya.

Kiat dari penggemar tentang komunitas online eksklusif sangat membantu dalam situasi saat ini.

Kami akan terus melakukan yang terbaik untuk mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang menulis komentar jahat tentang artis kami, dan kami akan mengambil tindakan tersebut tanpa kelonggaran atau kerja sama.

Selain itu, agensi juga baru-baru ini menerima informasi mengenai kasus di mana individu meniru anggota staf kami atau kenalan mereka untuk menyebarkan rumor palsu atau meminta uang atau kompensasi lainnya. Kami akan menyatakan sekali lagi bahwa tindakan hukum akan diambil terhadap pelanggaran tersebut karena jelas merupakan kejahatan yang dapat dihukum.

Sebagai EDAM Entertainment, kami akan mendengarkan dengan penuh perhatian pendapat para penggemar dan bekerja keras untuk menciptakan momen hangat dan bahagia untuk IU dan Uaena (nama fandom).

Terima kasih."


Wah ternyata banyak juga ya buntut dari kasus komentar jahat IU ini! Memang harus diberi pelajaran sih biar mereka nggak bertindak dan berkomentar seenaknya sendiri! Semoga hal seperti ini tak terulang lagi ya!

Tautan artikel asli