Kunjungi Forum
BTS Raih Penghargaan Global Recording Artist of The Year dari IFPI
ARTIKEL
March 05, 2021
Penulis shotaromilktea
Editor Anindita Nurizki


2020 bisa dibilang menjadi tahunnya BTS, kesuksesan "Dynamite" dan "Life Goes On" membuat BTS mendapat gelar mahkota Global Recording Artist of The Year dari organisasi yang merepresentasikan industri rekaman dunia. Kemenangan ini diumumkan pada hari Rabu, menjadikan BTS sosok pertama yang bukan penyanyi lagu bahasa Inggris. Ini juga pertama kalinya artis yang mayoritas nyanyi bukan bahasa Inggris masuk bagian Global Artist Chart untuk 3 tahun berturut-turut.

BTS ranking no 2 dia chart tahun 2018, yang disusun oleh International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) dan nomor 7 di ranking 2019. Penghargaan ini diberikan untuk artis global dengan penjualan terbaik, berdasarkan data angka dari digital dan format musik fisik pada tahun tertentu, menurut organisasi.


"BTS adalah fenomena global." ungkap Francess Moore, chief executive IFPI pada saat pengumuman pemenang 2020. "Mereka memiliki tahun hebat sekali lagi, merilis tiga album dan terus menemukan ide kreatif untuk menceritakan kisahnya untuk seluruh dunia."

Menurut Francess Moore, tujuh member BTS telah membuktikan "kekuatan musik yang memberikan kebahagiaan untuk orang di seluruh dunia." Moore menyebut semua nama ketujuh member dan mengantisipasi perjalanan musik BTS. Pada 2020, BTS menorehkan sejarah dengan "Dynamite", lagu berbahasa Inggris mereka menjadi lagu pertama dari artis Korea yang dapat debut nomor 1 di chart main single Billboard. "Life Goes On", lagu balada yang member kerjakan saat pandemi, juga mendominasi chart. Jadi lagu pertama berbahasa Korea yang raih pencapaian tersebut.


IFPI mengakui kehebatan BTS di industri musik seluruh dunia, menyebut BTS sebagai "omnipresent". "Map of the Soul: 7" yang dirilis pada Februari tahun lalu, menjadi album dengan jumlah pre-order tertinggi sepanjang waktu dan penjualannya unggul di lebih 20 negara. Album berbahasa Jepang "Map of the Soul: 7 ~The Journey~ terjual lebih dari 500 ribu keping hanya dua hari, menjadikan album penjualan terbaik dari artis asing. Organisasi industri juga menyebut giana "Dynamite" memecahkan rekor hari pertama YouTube dan Spotify. "Life Goes On" juga melesat ke nomor 1 di tiga benua.

Selain BTS, artis lain yang berhasil masuk Global Artist Chart kebanyakan berasal dari Amerika Utara. Taylor Swift ranking nomor 2, diikuti dengan Drake dan The Weeknd. Di top 10 artis ada nama lain Billie Eilish, Post Malone, dan Ariana Grande. 

Foto: IFPI

Tautan artikel asli