comscore
Kunjungi Forum
Dituduh Menjiplak Lagu SHINee, Pihak Roomer Beri Bantahan Keras
ARTIKEL
April 07, 2021
Penulis johndearc
Editor Augusta Regina

https://s.kaskus.id/images/2021/04/07/8391241_202104071125050805.png

Kasus plagiarisme baru-baru ini kembali mencuat. Seorang artis Korea yang menamai dirinya Roomer, mendapat kecaman lantaran diduga menjiplak lagu SHINee '1 of 1'. Melansir dari Kpopstarz, pada 5 April lalu isu ini mulai diangkat ke permukaan. Diduga lagu baru Roomer berjudul "242 (Shine)' gubahan Lody dan Oul menjiplak '1 of 1' SHINee.

Spekulasi itu pertama muncul saat komunitas online Korea terus mengkritik lagu "242 (Shine)" yang dirilis oleh "Roomer." Tentu hal ini bukan tanpa sebab, netizen menyampaikan betapa lagu yang dirilis pada 21 Maret itu memiliki banyak kemiripan  dengan salah satu lagu hits SHINee "1 of 1". 

Yang lebih mengejutkan, ketika kedua lagu itu dimainkan pada waktu yang sama, melodi dan ketukannya sinkron satu sama lain. Salah seorang penggemar K-pop berpendapat seseorang tak perlu mendengarkan dengan cermat untuk mengetahui kesamaannya, karena dari awal sudah terlihat kesamaannya.


Bagian yang lebih problematik adalah penjelasan lagunya. Dalam situs musik. "1 of 1" disebut sebagai sebuah lagu bergenre New Jack swing dari tahun 90-an dan menampilkan ekspresi canggih dari sensibilitas retro dengan ritme funky dan melodi R&B lembut dengan nuansa SHINee sendiri. Anehnya penjelasan ini juga digunakan untuk lagu "242 (Shine)" , namun hanya berbeda di bagian akhir kalimat saja. Praktis dengan adanya penjelasan yang sama persis ini, kecurigaan soal plagiarisme kembali menguat.



Menyusul spekulasi para penggemar dan netizen yang tajam, seorang netizen yang prihatin langsung menghubungi tim artis, tetapi pihak Roomer dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

Mereka berkata mengatakan jika memang ada kesamaan di ritme dan suara pengantarnya. Dan pihaknya yakin jika tak ada masalah dalam hak cipta di lagu tersebut.

"Ada kesamaan antara ritme dan suara pengantar, tetapi kreativitas unik dari lagu tersebut akan dikenali untuk kode dan melodi yang berlangsung di sepanjang lagu. Kami telah mengonfirmasi bahwa tidak ada masalah hak cipta. Kami akan memastikan bahwa kami dapat menanganinya segera setelah kami menemukan masalah lain."

Meski demikian, para penggemar K-pop, khususnya Shawols (fandom SHINee) sangat yakin bahwa lagu itu memang menjiplak. Sementara itu, SHINee akan segera melakukan comeback lewat "Atlantis" pada 12 April.

Gimana menurut kamu? Kalo menurut aku sih, ini persis banget.



Tautan artikel asli