comscore
Kunjungi Forum
HA:TFELT Berharap Agensi dan Fans Berhenti Anggap Idol Sebagai Produk
ARTIKEL
April 08, 2021
Penulis Khiphopjohayo
Editor Augusta Regina

https://s.kaskus.id/images/2021/04/08/8391241_202104080116350896.jpg

Sudah bukan rahasia lagi jika Korea Selatan adalah negara dengan industri hiburannya, terutama industri musik, adalah industri yang bergerak dengan aktif. Setiap tahunnya, banyak idol-idol baru bermunculan dari berbagai agensi untuk bersaing menarik hati penggemar. Mirisnya, hal ini kadang membuat sebagian orang beranggapan jika para idol adalah sebuah produk dari agensi. Dan beberapa akhirnya mengesampingkan fakta jika para idol adalah orang pada umumnya.

Mindset inilah yang ternyata membuat solois HA:TFELT merasa sangat sedih. Sebagai orang yang memulai karirnya sebagai member idol grup 'Wonder Girls' dengan nama panggung Ye Eun, HA:TFELT tahu benar sakitnya disebut sebagai sebuah produk. Hal itu diungkapnya dalam sebuah episode seri dokumenter 'K-Pop Evolution'.

"Sebagai seorang idol, itu paling menyakitiku ketika seseorang bilang 'kamu adalah sebuah produk' nilaiku dan keberadaanku hanya berdasarkan nila komersialku. Nilai komersial itu adalah aku. Aku tidak bisa membedakan kedua hal itu, dan itu membuatku sulit untuk mencintai diriku sendiri," ungkap HA:TFELT


HA:TFELT lantas berharap agar ada beberapa perubahan yang terjadi di industri hiburan. Pertama, ia berharap agar para idol K-Pop mencintai diri mereka sendiri dan menyuarakan pendapat mereka dengan lebih yakin. Pasalnya, banyak idol yang tak berani mengungkapkan pendapatnya pada agensi atau publik karena takut karirnya terancam.

Kedua, ia berharap agar agensi memperlakukan para idol K-Pop lebih manusiawi dari mulai diet, larangan pacaran hingga jadwal yang terlalu ketat. Memang bukan rahasia lagi jika agensi kerap memberi jadwal padat, meminta idolnya diet mati-matian dan melarang berpacaran demi karir mereka. Hal itu membuat beberapa idol kerap tertekan dan kadang tumbang baik secara fisik maupun mental.

Terakhir, HA:TFELT berharap agar fans juga ikut merubah pemikiran mereka. solois itu berharap agar para penggemar mengerti dasar dari kebahagiaan yang dibutuhkan artis yang mereka sukai.

"Aku ingin mereka untuk lebih memikirkan tentang hak dasar untuk kebahagian artis yang mereka cintai," jelas HA:TFELT.

Tampaknya, saran itu merujuk pada para penggemar yang berkiblat pada idol adalah milik mereka. Hal itu kerap membuat para idol tak mendapatkan privasi karena kerap dikuntit, atau tak bisa pacaran karena takut kehilangan penggemar. Singkatnya, HA:TFELT  ingin orang-orang memandang idol sebagai manusia.

"Idol adalah manusia juga, untuk sederhana nya," ungkapnya.

Ya, semoga idol bisa diperlakukan lebih manusiawi ya, guys. Kadang suka kasihan lihat idol yang punya jadwal super padat sampai gak bisa istirahat dan cedera sana sini.



Tautan artikel asli