comscore
Kunjungi Forum
Musisi Owlpemy Dikecam Penggemar Karena Diduga Plagiat Lagu SHINee
ARTIKEL
April 09, 2021
Penulis Khiphopjohayo
Editor Augusta Regina


Lagi-lagi, ada kasus plagiarisme nih di industri hiburan Korea Selatan. Kali ini, kasus ini melibatkan musisi dengan nama panggung Owlpemy dengan grup SM Ent 'SHINee'.

Duduk perkara ini dimulai saat Owlpemy merilis salah satu track lagunya berjudul '1 Hour'. Lagu yang dirilis pada 1 bulan lalu lewat channel Youtube Owl Production itu memiliki kemiripan yang begitu kentara dengan lagu 'SHINee' yang berjudul 'View'. Meski lagu '1 Hour' memiliki nuansa rap cukup kental di depan tapi mulai detik ke 46, lagu '1 Hour' sangat terlihat sama dengan 'View'. Gak pecaya? nih dengerin sendiri deh lagunya.

Video pertama ini lagu Owlpemy


Video kedua ini lagu 'SHINee' yang berjudul 'View'



Mirip kan? kalau berdasarkan tanggal rilis, jelas 'SHINee' yang mengeluarkan lagu lebih dulu. 'SHINee' mengeluarkan lagu 'View' pada tahun 2015 silam saat formasi mereka masih lengkap berlima. Melihat kondisi ini, netizen pun ramai mengecam Owlpemy. Mereka merasa jika Owlpemy tak punya moral karena sudah meniru karya orang lain.

"Gak punya rasa moral," tulis salah satu netizen.

"Ini cuma versi buruk dari 'View'," tulis yang lain.

"Penyanyi ini bukan siapa-siapa, makanya SM mungkin bahkan gak repot-repot menuntutnya secara hukum," komentar yang lain.

Sementara itu, Owlpemy sendiri dikenal pernah bekerja menjadi produser di Brave Entertainment sebelum akhirnya memulai karir musiknya sendiri.

Jadi menurut kamu, ini plagiat bukan nih?

Tautan artikel asli