comscore
Kunjungi Forum
Drama Korea Diprediksi Merubah Strategi Tayang, Kamu Tim Yang Mana, Nih?
ARTIKEL
June 03, 2021
Penulis
yourkive
Editor Augusta Regina


Drama Korea adalah salah satu konten dari Korea Selatan yang berhasil mendapatkan tempat di hati para penggemar industri hiburan Negeri Ginseng tersebut. Drama Korea saat ini biasanya memiliki 16 episode per musimnya. Namun, hari ini (03/06/21) kabarnya drama Korea akan mengalami perubahan strategi tayang, nih.

Dulu, drama Korea seperti ‘Princess Hours’ yang tayang di tahun 2006 dan ‘Boys Before Flowers’ yang tayang di tahun 2009 punya jumlah episode yang mencapai angka 24 dan 25. Jika dibandingkan dengan kondisi saat ini, jumlah tersebut bisa dibilang terlalu banyak, ya.


Dilansir dari Newsen, saat ini ada perubahan strategi dari K-Drama atau drama Korea. Perubahan strategi yang bisa terlihat saat ini adalah, jumlah episode yang mulai menurun, kemudian ada penambahan jumlah musim dan ada jeda waktu.

Drama-drama yang tayang saat ini sudah mulai memangkas jumlah episodenya, yang semula berjumlah 16 episode, menjadi 10 sampai 12 episode saja. Drama-drama yang memiliki jumlah episode kurang dari 16 episode contohnya adalah ‘Hospital Playlist,’ ‘Move to Heaven,’ dan ‘Sweet Home.’


Newsen juga menyebutkan bahwa ada trend baru di Korea Selatan, dimana program yang tayang sebanyak satu minggu sekali menjadi populer akhir-akhir ini. 

Dengan sistem penayangan satu minggu sekali, kualitas produksi dari sebuah konten bisa ditingkatkan dari sebelumnya. Kemudian, dengan adanya strategi satu minggu sekali, jumlah episode yang sedikit tak akan terlalu dirasakan oleh penonton.

Menurut artikel Newsen, layanan OTT seperti Netflix, Disney+ dan KakaoTV saat ini sudah mulai memproduksi serial mereka sendiri. Hal ini disebut sebagai alasan terbesar mengapa perubahan strategi tayang drama Korea berubah. 


Di akhir artikel mereka, Newsen berkata bahwa tidak ada keharusan bagi para staff produksi drama Korea untuk mengikuti strategi yang disebutkan tadi, dan mereka bisa tetap dengan strategi lama yaitu bertahan dengan menayangkan drama dua kali dalam satu minggu, dan tetap menayangkan drama sebanyak 16 sampai 20 episode. Namun, strategi yang disebutkan sebelumnya jelas bisa memberikan perubahan yang signifikan di industri drama Korea.

Jadi, kamu tim drama Korea tayang satu minggu sekali dengan jumlah episode pendek (dibawah 16 episode), atau tim drama Korea tetap tayang dua kali seminggu dengan episode sebanyak 16-20?



Tautan artikel asli
HEADLINE