comscore
Kunjungi Forum
Aturan Baru Wajib Militer Dirilis, Berpengaruh Besar Pada Para Idol, Nih!
ARTIKEL
June 08, 2021
Editor Augusta Regina

Kalian para penggemar budaya Korea tentu gak asing dengan aturan wajib militer di negeri ginseng. Yup, para pria Korea diharuskan mengikuti wajib militer dalam kurun waktu tertentu sebagai prajurit aktif. Aturan itu tentu juga berlaku bagi para idol pria di Korea Selatan. Namun, kini ada aturan baru yang tampaknya akan berdampak juga pada para idol.

Pada 6 Juni 2021 pemerintah Korea merilis berita terkait undang-undang dan pedoman layanan nasional baru untuk warga negara Korea yang lahir di luar negeri. Menurut undang-undang yang baru, para penduduk Korea yang lahir di luar tanah Korea tetap diharuskan melakukan wajib militer, jika mereka sudah hidup di Korea selama tiga tahun atau lebih.

Meski lahir di luar negeri, seseorang yang memegang paspor Korea tetap diwajibkan ikut militer, termasuk bagi mereka yang memegang izin tinggal jangka panjang (penduduk tetap) di luar negeri. Sebelumnya, orang Korea yang lama tinggal di luar negeri dibebaskan dari wajib militer karena dasar adaptasi dengan budaya dan hierarki di Korea akan sulit baginya.

Dengan aturan ini beberapa idol yang keturunan Korea tapi tidak memegang paspor Korea, alias berstatus warga negara lain tidak diharuskan melakukan wajib militer karena dianggap sebagai orang asing. Idol seperti Mark 'NCT', Johnny 'NCT' dan idol lain yang berpaspor luar negeri akan bebas dari kewajiban militer.


Di sisi lain, seseorang yang memiliki kewarganegaraan ganda akan diminta memilih untuk mempertahankan dua kewarganegaraannya atau memilih salah satu saat usianya menginjak 18 tahun. Jika memilih bertahan dengan dua kewarganegaraan ia harus wajib militer. Jika tidak mau wajib militer maka harus melepas kewarganegaraan Korea miliknya.

Jadi idol favorit kalian ikut wajib militer gak nih?



Tautan artikel asli
HEADLINE