comscore
Kunjungi Forum
Survey Terbaru Menunjukkan Separuh Orang Muda di Korea Selatan Tak Ingin Menikah
ARTIKEL
June 10, 2021
Editor Augusta Regina



Tahu gak sih? Orang-orang berusia muda di Korea Selatan rupanya mulai memiliki pemikiran terbuka soal pernikahan dan memiliki anak. Hal itu terungkap lewat sebuah survei keluarga dan gaya hidup terbaru yang dirilis oleh Kementrian Kesetaraan Gender dan Keluarga pada 30 Mei 2021 lalu.

Survei itu dilakukan dengan mewawancarai 10.997 rumah tangga pada September 2020 lalu. Dan hasilnya mengungkapkan jika orang-orang Korea di usia 20an tampak sudah mulai tak terlalu setuju dengan norma tradisional terkait pembentukan keluarga. Banyak dari mereka yang mendukung gaya hidup tidak menikah. Data dari survei itu menyebutkan sebanyak 46,6 persen orang usia 20an di Korea mendukung gaya hidup bersama tanpa menikah. Lalu di survei terkait menikah tanpa anak, ada 52,5 persen orang yang setuju terkait hal itu. Sementara itu ada 23 persen orang usia 20an yang mendukung gaya hidup memiliki anak di luar pernikahan.

Survei terkait keluarga dan gaya hidup ini biasanya dilakukan sekitar 5 tahun sekali. Jika dibandingkan dengan survei pada tahun 2015 silam, orang yang mendukung punya anak di tanpa menikah meningkat tiga kali lipat. Terkait hasil survei tersebut, pejabat kementerian berkomentar, jika mereka akan berusaha keras agar masyarakat bisa menerima segala tipe jenis keluarga tanpa adanya diskriminasi.

"Penting untuk mendorong masyarakat inklusif untuk memastikan lingkungan yang aman dan layak huni untuk semua jenis keluarga. Kami akan bekerja lebih keras untuk meningkatkan pemahaman sosial dan kebijakan publik mencakup semua jenis keluarga," ungkap pihak kementerian.

Kalau kamu sendiri, ada di kubu yang mana nih?

Tautan artikel asli

HEADLINE