Forum
5 Lagu Ini Dijamin Bikin Kamu Mendadak Jadi Fans K-Pop!
ARTIKEL
February 13, 2020
Penulis kaniarf
Editor Anindita Nurizki

https://s.kaskus.id/images/2020/02/13/8391241_202002130738140799.jpg
(foto: Billboard)

Buat yang belum familiar, mungkin kalau denger istilah K-Pop langsung mikir idol grup yang anggotanya super banyak. Tapi, sebenarnya K-Pop nggak melulu soal idol grup loh. Banyak juga penyanyi solo Korea Selatan yang popularitas (pribadi maupun lagunya) cukup mencuri perhatian (perhatian aku khususnya, hehe).

Aku pribadi bukan fans K-Pop fanatik, tapi aku juga bukan seorang anti K-Pop. Berhubung kuping aku nerima segala jenis musik (yang penting enak didenger), nah berikut ini aku rekomendasikan beberapa lagu K-Pop yang aku jamin bisa bikin kamu mendadak ikut jadifans K-Pop atau minimal bisa diterima lah sama kuping Non K-Pop.

1.    Way Back Home (Shaun ft. Connor Maynard)

(
(foto: billboard)

Lagu pertama datang dari musisi asal  Korea Selatan, Shaun. Doi bukan anggota idol grup, tapi doi ini DJ, produser sekaligus anggota band rock indie (The KOXX). Berhubung Shaun ini DJ, jadi ya musiknya ala-ala dance musik gitu, deh (gak kalah sama DJ internasional lain, loh).
“Way Back Home” ini ada 2 versi, full korea dan campuran bahasa inggris (ft. Connor Maynard). Aku pribadi sih lebih nyaman dengerin versi kedua. Lirik lagunya sendiri menceritakan tentang hubungan percintaan yang penuh perjuangan. Tapi, sesulit apa pun rintangan dan kondisinya, Shaun bilang “I find my way back home to you again.” 

 
2.    Make it Right (BTS ft Lauv)

(foto: istimewa)

Siapa nih yang belom tau BTS? Yakin belom tau? Wah padahal mereka udah berhasil perform di Grammy tahun 2020 ini, loh. Jujur aja, aku juga baru tau idol grup yang satu ini tahun lalu dan langsung jatuh cinta sama lagu-lagu mereka. Salah satu lagu yang mencuri perhatian aku adalah 'Make it Right' ini. Seperti 'Way Back Home', lagu “Make it Right” ini ada 2 versi. Aku pribadi sebenarnya lebih suka versi full korea, tapi buat kamu yang baru mengenal dunia K-Pop, aku rekomendasikan versi campuran English buat kalian.

 Lagu ini sebenarnya universal, bisa ditujukan buat pasangan, sahabat atau orang-orang lain yang berarti di hidup kamu. Oh iya, lagu ini ada campur tangan Ed Sheeran dalam pengerjaannya. Jadi jangan heran kalau kamu merasakan ada nuansa Ed Sheeran di sini. “I know I messed up but I promise … I can make it right.”

3.    Chicken Noodle Soup (J-Hope BTS ft Becky J)

(foto: istimewa)

Lagu ketiga masih dari BTS, tapi cuma dari 1 member aja nih. Yups, dia adalah J-Hope, salah satu dari 3 rapper andalan BTS. Dalam lagu ini, J-Hope nyanyi bareng penyanyi asal Amerika Latin, Becky J. Lagu ini sebenarnya bukan lagu baru, tapi remake dari lagu lama milik Webstar ft Young B dengan judul yang sama. Bedanya, 'Chicken Noodle Soup' versi baru ini dibawakan dalam 3 bahasa yaitu Korea, Inggris dan Spanyol. Berhubung J-Hope ini dance-nya jago banget, lagu ini pun dibuat lebih asik buat nge-dance (pokoknya J-Hope banget deh). Liriknya juga lucu, “Chicken noodle soup, chicken noodle soup, chicken noodle soup with the soda on the side.”

4.    Birthday – SOMI

(foto: istimewa)

Ups, adakah yang protes kenapa daritadi lagunya dari penyanyi cowok korea aja? Tenang, kali ini dari penyanyi solo wanita nih, namanya SOMI. Buat yang belum kenal SOMI, sebenarnya dia itu jebolan acara pencarian bakat gitu loh dan dia pernah gabung dalam idol grup bernama IOI (sayangnya udah bubar). Pasca bubarnya IOI, SOMI pun memutuskan bersolo karir dan mengeluarkan lagu debutnya berjudul 'Birthday'. Kenapa lagu ini dijadikan lagu debut? Hmm, mungkin karena SOMI berniat merayakan debut solonya dan pertambahan usianya yang waktu itu baru menginjak 19 tahun (duh masih muda banget). Aku pribadi suka lagu ini karena musiknya SWAG abis! Liriknya juga lucu loh, “Oops, you're not invited! … everyday is my Birthday!”

5.    All Night (RM BTS, Suga BTS ft Juice Wrld)

(foto: istimewa)

Last but not least, aku rekomendasikan lagu “All Night” dari dua rapper BTS (RM dan Suga) yang berkolaborasi sama Juice Wrld. Dari semuanya, jujur ini yang jadi favorit aku. Kenapa ya? Mungkin karena aku suka yang ngerap gini, terus ada 3 rapper dalam 1 lagu tuh rasanya jadi triple combo! Lirik lagunya sebenarnya agak campur aduk. Member BTS (RM & Suga) di sini lebih banyak menyampaikan mimpi-mimpi dan pencapaian mereka sementara part Juice Wrld lebih bahas relationship. Tapi, gak apa, yang penting musiknya dan flow para rapper ini asik banget. Wajib didengerin!

Itu dia 5 lagu K-Pop yang aku rekomendasikan buat yang baru mau mulai dengerin K-Pop. Sebenarnya ada beberapa lagi sih, tapi takut kepanjangan, jadi segini dulu ya. Coba deh dengerin, pasti awal-awal kalian gak akan nyangka kalau lagu-lagu itu termasuk K-Pop. Lumayan loh buat memperkaya referensi musik kamu biar gak dengerin yang itu-itu aja. K-Pop itu asik kok kalau kamu berhasil nemu lagu yang pas sama selera kuping kamu. Happy Listening~

Tautan artikel asli