Forum
Spotify Akhirnya Hadir di Korea Selatan!
ARTIKEL
February 14, 2020
Penulis kekoreaan
Editor Augusta Regina

(Foto: Spotify)

Salah satu layanan streaming musik terbesar di dunia yaitu Spotify akhirnya rambah pasar Korea Selatan! Layanan streaming musik asal Swedia itu akan resmi hadir di Korea mulai tahun 2020 ini guys.

Spotify sendiri sudah tersedia di 79 negara dan memiliki pengguna aktif sekitar 271 juta orang, dan jumlah pengguna berbayar atau premium sebesar 124 juta orang. Dikutip dari Soompi, layanan ini akan bersaing dengan layanan streaming musik lokal Korea yakni MelOn, Genie, Soribada, Naver Music, FLO dan Bugs yang sudah lebih dulu eksis disana dan bersaing di pasar senilai 1 triliun won, atau setara dengan 845 juta dollar Amerika. Banyak pihak yang beranggapan bahwa dengan masuknya Spotify ke pasar musik Korea, maka akan terjadi persaingan yang menarik. Mereka juga ingin melihat bagaimana sang penguasa layanan streaming dunia akan mengatasi para lawannya yang sudah mengakar kuat di benak masyarakat Korea.


(Foto: asianjunkie)

Spotify sebelumnya hanya bisa diakses di Korea Selatan jika penggunanya menggunakan aplikasi VPN. Namun sekarang, sudah dapat dipastikan bahwa para penggunanya di Korea Selatan bisa mengakses Spotify dengan mudah. Dengan masuknya Spotify ke pasar musik Korea Selatan, maka akan lebih mudah bagi para musisi di Korea untuk memperkenalkan karya mereka ke dunia, mengingat Spotify sendiri adalah salah satu layanan streaming terbesar dan memiliki pengguna yang terus bertambah setiap harinya dari berbagai belahan dunia.

Tidak menutup kemungkinan bahwa dengan masuknya Spotify ke negeri ginseng, maka kesempatan para musisi lokal Korea untuk masuk ke chart internasional seperti Billboard akan lebih besar.

Sebelum akhirnya resmi dirilis di Korea, sudah ada rumor mengenai hal ini sejak tahun 2019 lalu. Namun saat rumor itu beredar, Spotify langsung membantahnya dengan alasan bahwa mereka masih terbentur masalah pembagian keuntungan hak cipta. 

Hingga saat ini, belum ada jadwal resmi mengenai kapan tepatnya Spotify bisa mulai di akses di Korea Selatan.

Mari kita tunggu update selanjutnya ya guys~