Forum
7 Drama Korea yang Ceritakan Berbagai Profesi Unik!
ARTIKEL
February 14, 2020
Penulis riwidy
Editor Augusta Regina

    Selain mengangkat berbagai jenis genre, drama Korea yang tayang saat ini juga mengangkat berbagai profesi sebagai inti dari ceritanya. Ada beberapa profesi dalam drama korea yang seringkali kita jumpai, apa saja? Sebutlah profesi jaksa, pengacara, CEO, direktur, sekretaris, artis, detektif, polisi, dan lain sebagainya.
    Nah dalam artikel ini, aku ingin mengulik 7 drakor yang mengambil cerita profesi yang berbeda dan jarang ada dalam drama yang sudah tayang selama ini.
    Profesinya apa saja sih? Simak daftar berikut ini yuk! Kita urutkan berdasar tahun produksi drama, yaitu dari tahun 2017-2020 ya! Let’s go!

    1. Prison Playbook/Wise Prison Life (2017)

    Drama ini pada awalnya aku tonton karena alasan remeh, yaitu kehadiran Jung Hae In, salah satu bintang drakor favorit aku. Tetapi makin kesini nonton, justru ada hal berbeda yang membuat nurani ini kagum. Profesi di balik jeruji penjara ternyata seperti itu. Ada sipir, kepala penjara, direktur penjara, dokter, tukang antar barang, kepala pabrik yang dikelola napi senior dan banyak lainnya. Banyak intrik, yang disajikan terkait dengan kejujuran profesi dan sifat alamiah manusia.
    Drama bergenre slice of life ini secara singkat menceritakan tentang Kim Jae-Hyuk (Park Hae-so) yang hidupnya berubah 180 derajat dari seorang atlet tenar menjadi seorang napi dalam satu malam, karena membela kehormatan adiknya. Kebetulan temannya Lee Joon Ho (Jung Kyung Ho) menjadi sipir di penjara. Dialah yang berusaha membesarkan hati sahabatnya ini untuk kembali bersemangat dan bebas satu tahun kemudian.
    Bagaimana persahabatannya dengan teman sesama napi yang memiliki berbagai sifat unik dan juga hubungan dengan para pegawai penjara sungguh membuat TS terharu, tertawa dan juga mengernyitkan kening. Ada yang cantik juga gan, si Krystal Jung yang berperan sebagai Ji Ho, pacar sang atlet. Wow. Kerenlah! Wajib tonton!

    2. Still 17/ 30 but 17(2018) 

    Drama bergenre romcom yang cukup membuat gebrakan di dunia drama Korea ini dibintangi Shin Hye Sun sebagai Woo Suh Ri, berkolaborasi apik dengan aktor ganteng berbakat Yang Se Jong sebagai Gong Woo Jin yang suka dipanggil keponakannya dengan nama panggilan ‘Mr. Gong’.
    Mr. Gong berprofesi sebagai seorang penata set panggung. Unik kan? Saking berdedikasinya dengan pekerjaan, dia selalu bawa alat pengukur kemana saja dan mengukur apa saja benda yang menarik perhatiannya untuk diterapkan sebagai ide dalam pekerjaannya. Keren. Tapi aneh juga sih, karena sikap tertutupnya akibat trauma di masa remaja, dia seringkali mengukur benda apa saja tanpa meminta izin terlebih dahulu, sehingga ia dianggap sebagai orang gila.
    Drama ini menceritakan hubungan cinta dari masa lalu antara Mr. Gong dan Suh Ri yang sempat terpisah karena kecelakaan lalu lintas dan menyebabkan gadis lugu ini koma selama 13 tahun. Recommended untuk ditonton guys karena dijamin baper!

    3. Clean With Passion For Now (2018) 

    Drama Korea yang satu ini membahas profesi unik yaitu petugas kebersihan profesional yang bisa disewa perorangan maupun instansi dengan tarif tertentu. Perusahaan besar yang menaunginya, dimiliki oleh Jang Sung Kyeol (Yoon Kyun-Sang) yang memiliki penyakit mysophobia (takut kuman). Menarik kan?
    Kemudian ada karakter ceweknya yang cantik bernama Gil O-Sol (Kim You-Jung) dia mempunyai kepribadian yang sangat optimis, baik tapi sangat jorok dan tidak peduli dengan penampilannya. Sangat berbeda dengan wanita pada umumnya.
    Bagaimana kemudian dua pribadi yang berbeda ini menjadi saling mencintai? Drama ini ceritanya ringan, tapi layak untuk dijadikan tontonan hiburan, guys!

    4. Your House Helper (2018)

    Apakah kalian pernah membayangkan mempunyai ART alias pembantu yang ganteng dan sempurna hasil kerjanya? Kuy nonton drama satu ini!
    Drama ini menceritakan Kim Ji Woon (Ha Suk Jin) yang adalah putra dari seorang ayah yang berprofesi sebagai anggota parlemen dan ibunya seorang dokter. Entah kenapa dia kemudian berhenti berbicara dengan orang tuanya, keluar kerja, depresi berat sampai mau bunuh diri. Kemudian dia diselamatkan seorang wanita yang kemudian dicintainya, dan wanita itu membuatnya bekerja sebagai ART panggilan. Eh! Aku juga minat deh nelpon dia buat disuruh bersih-bersih rumah. Hehe.
    Saat melakukan pekerjaannya, Ji woon mendengarkan kekhawatiran pelanggannya dan memberikan saran untuk membantu mereka memecahkan masalah. Wah menarik ini, tips-tips kebersihan dia share gratis lho!
    Sampai kemudian dia ditinggalkan wanita itu dan bersahabat dengan 4 wanita,1 pria, juga 2 rekan pria yang jadi sahabat sejati. Terharu! Salah satu sahabat wanita itu pun jadi kekasihnya. Da Young namanya diperankan Bona yang adalah seorang member girl group. Cakep guys!
    Drakor unik ini ternyata dibuat berdasarkan webcomic series “Dangshinui House Helper” yang dibuat oleh Seung Jung-Yeon. Pantesan keren dan unik ide ceritanya. Kuy nonton!

    5. Special Labor : Mr Jo (2019)

    Dari judulnya sih, drama ini kurang menarik ya guys. Tapi akhirnya aku tonton sampai habis karena kehadiran Kim Dong Wook yang aku sukai sejak main di ‘The Guest’. Hehe.
    Ceritanya ternyata juga unik karena profesi Jo Jin Gab (Kim Dong Wook), sebagai PNS pegawai negeri yang membawahi bidang ketenagakerjaan yang rawan penyelewengan. Tepatnya pengawas ketenagakerjaan untuk Kementerian Ketenagakerjaan dan Buruh.
    Seru guys, bagaimana seorang Jo Jin Gab yang berantakan hidupnya karena berpisah dengan anak istri dan dipecat dari berbagai pekerjaan ini membantu teman, klien, muridnya yang teraniaya dengan kehidupannya karena pekerjaan dan bos mereka. Bikin baper juga kocak deh. Seru abis bagaimana dia bisa mengalahkan preman tidak saja dengan kemampuan judonya yang keren tapi juga otak yang licik. Hihi.
    Ga percaya? Tonton aja!

    6. Black Dog (2020) 


    Drama yang baru kelar penayangannya minggu lalu ini menceritakan kisah suka duka para guru di sekolah menengah atas Daechi, sebuah daerah mahal yang dikenal untuk standar pendidikannya yang cenderung obsesif. 

    Drama ini menyoroti para guru bantu, honorer, atau guru kontrak yang terancam tidak akan pernah diangkat sebagai guru tetap. Kasiannya!

    Peran utama dari guru tidak tetap ini bernama Go Ha Neul yang diperankan oleh Seo Hyun Jin. Usul dan pemikirannya sangat brilian meski masih junior. Peran kuat lainnya adalah Park Sung Soon yang diperankan oleh Ra Mi Ran, seorang guru tetap dan juga berada di sekolah swasta yang sama. Dia menjabat sebagai kepala departemen bimbingan karir. 

    Recomended banget ya ditonton para guru SMA yang mau mempelajari sistem belajar di Korea Selatan yang terkenal bagus. Bagaimana mereka bisa sukses? Ternyata juga bisa karena guru-gurunya selalu open minded terhadap perubahan dan cerdas. Noted! 7.Touch (2020) 


      Drama yang masih on going di Korea ini membahas profesi MUA alias Make Up Artist yang lagi nge-trend sekarang ini. Menarik!

      Cha Jung-Hyeok (Joo Sang-Wook) adalah seorang make-up artist yang populer, mengejar kesempurnaan, tetapi kemudian ia malah ditimpa kemalangan.  Han Soo-Yeon (Kim Bo-Ra) telah menjadi trainee untuk menjadi idola selama 10 tahun. Dia gagal jadi idol kemudian banting stir menjadi MUA! Daebak! Soo-Yeon bertemu Cha Jung-Hyeok yang kembali sebagai make-up artist. Dia mulai bekerja sebagai asistennya dan mereka saling jatuh cinta. Uhui!

      Bagaimana sibuknya pekerjaan tim MUA Pak Cha dari persiapan make up dasar, kreasi dandan kekinian yang trend bikin kinclong artis, sampai pada kerjaan akhir bersih-bersih peralatan, membuka mataku, ternyata pekerjaan ini tidaklah gampang. Diselingi juga lucunya tingkah laku 2 rekan Cha Jung Hyeok yang ganjen dan pemarah, juga asmara diantara peran utama dan mantan pacar cukup menjadi hiburan. Tonton aja, guys. Tidak mengecewakan dan lumayan banyak dapat apresiasi dari penonton Indonesia loh.


      Itulah deretan drama yang mengangkat berbagai profesi unik dan menarik untuk ditonton! Keren dan pastinya gak akan nyesel deh nonton drama-drama diatas!

      Tautan artikel asli