Forum
Wonho Sampaikan Permohonan Maaf Kepada Fans
ARTIKEL
March 16, 2020
Penulis kekoreaan
Editor Augusta Regina

(Foto: Dispatch)

Tahun 2019 lalu mungkin adalah tahun terburuk bagi MONSTA X dan Monbebe ya. Grup asuhan Starship Entertainment tersebut harus menghadapi dua badai sekaligus yang menyerang sang leader Shownu, dan salah satu member-nya, Wonho, hingga akhirnya berujung pada hengkangnya Wonho dari grup yang sudah membesarkan namanya tersebut. 
 
Keputusan Wonho saat itu tentunya membuat banyak penggemar sedih sekaligus menyayangkan sikapnya yang terburu buru dalam mengambil langkah tersebut. Saat rumor tersebut berhembus, MONSTA X baru saja meluncurkan album terbaru mereka, ‘Follow - Find You’ dan sedang menjalankan masa promosi mereka. Tapi pilihan untuk melepaskan MONSTA X juga merupakan keputusan yang berat bagi Wonho. Pria kelahiran 1993 itu mengatakan bahwa ia memutuskan untuk meninggalkan MONSTA X untuk menyelamatkan grup tersebut dari masalah yang lebih besar lagi, meskipun sebenarnya Wonho tidak pernah menyentuh narkoba, seperti apa yang dituduhkan kepadanya.
 

(Foto: Dispatch)

“Aku tidak menggunakan narkoba. Pihak kepolisian sedang melakukan investigasi mengenai hal itu. Setelah aku terbukti tidak bersalah nanti, tolong tulis sebuah artikel tentang kisahku. Aku ingin memohon maaf dan membersihkan semua kesalahpahaman yang ada. Aku juga ingin dimaafkan oleh semua orang” pinta Wonho kepada Dispatch pada bulan Februari lalu. 
 
Lewat wawancara tersebut, Wonho juga sempat menceritakan masa kecilnya yang memprihatinkan. 
 
“Aku tinggal di sebuah apartemen sewaan yang kecil sampai aku berusia 20 tahun. Nenek menggunakan satu-satunya kamar yang ada disana, sementara ayah, ibu, aku dan adikku tidur dan makan di satu ruangan yang sama. Kadang, teman-temanku mem-bully ku saat mereka merasa bosan. Mereka sama sekali tidak menyukaiku”
 
Wonho juga bercerita kalau kedua orang tuanya sering adu argumen dan membuatnya berusaha mencari kenyamanan di luar rumah, hingga ia bertemu dengan Jung Da Eun saat ia duduk di bangku kelas 2 SMA. 
 
“Kami menjadi dekat dengan cepat. Kami juga bekerja sebagai model bersama. Da Eun banyak membantuku. Dia bahkan mendukung keinginanku menjadi seorang penyanyi” ungkap Wonho pada Dispatch.
 
Dikutip dari Dispatch, Wonho juga berkata, “MONSTA X sudah menyiapkan banyak hal untuk album terbaru kami saat itu. aku tidak mau melihat MONSTA X hancur karena diriku. Aku pikir aku harus meninggalkan MONSTA X agar mereka bisa melanjutkan kegiatan secepatnya. Aku ingin mencegah hal buruk terjadi pada mereka sebanyak yang aku bisa.” 
 
Wonho juga mengakui kesalahan yang ia buat di masa lalu. Tapi ia dengan tegas mengatakan bahwa ia tidak pernah menggunakan obat-obatan terlarang.
 
“Aku sudah mengakui kesalahanku di masa lalu. Tapi aku akan mengatakan tidak pada hal-hal yang memang tidak pernah aku lakukan. Aku sudah menjelaskannya dengan jelas kepada pihak yang berwajib.”
 
Bukan hanya untuk MONSTA X, Wonho juga mengatakan sesuatu untuk Monbebe melalui wawancaranya bersama Dispatch.
 
“Aku bisa mengatakan dengan percaya diri bahwa aku benar-benar berubah setelah bertemu dengan Monbebe. Aku akhirnya bisa mengerti bagaimana rasanya dicintai. Aku ingin hidup dengan baik setiap hari.”

Ia juga berkata bahwa ia sudah menjanjikan banyak hal kepada para penggemar dan berjanji untuk selalu berada disisi penggemar. Ia memohon maaf kepada penggemar karena harus pergi dengan cara yang seperti ini.
 
“Bahkan sampai saat ini, aku tidak bisa melupakan para penggemar. Aku sangat menyesal. Aku harusnya bisa melakukan hal yang sedikit lebih baik. Aku melakukan wawancara ini dengan satu tujuan, yaitu memohon maaf kepada semua orang” tutup Wonho.
 
Semoga Wonho bisa segera kembali berkarya ya guys. Meskipun bukan bersama MONSTA X, semoga Wonho bisa berkarya dengan jalan lain dan bisa segera kembali kepada Monbebe. 
 
Semangat, Wonho!