Forum
Hikmah Wamil Buat Jang Geun Suk: "Hidupku Lebih Sehat"
ARTIKEL
July 01, 2020
Penulis ihangyulove
Editor Augusta Regina


foto: Marie Claire

Udah jadi kewajiban buat semua pria di Korea Selatan buat menjalan wajib militer atau wamil. Termasuk para seleb. Jadi mereka harus absen selama sekitar 2 tahun buat menjalankan kewajiban negara. 

Ternyata wamil juga memberi beberapa perubahan buat para seleb yang biasa punya jadwal super padat. Salah satu yang ngaku merasakan banyak perubahan setelah wamil adalah Jang Geun Suk. Jang Geun Suk masuk wamil pada Juli 2018 dan udah menyelesaikannya sejak 29 Mei 2020.

"Ku pikir perubahan terbesar buatku adalah aku merasa lebih sehat. Sebelumnya, ada beberapa hal yang membuat hidup jadi kayak roller coaster dan kayak nggak teratur. Aku benar-benar nggak sehat, secara fisik maupun mental."  Jang Geun Suk bilang kalau selama dua tahun terakhir dia rajin berangkat kerja pukul 9 pagi dan pulang pukul 6 sore. Katanya, jadwal kayak gitu baru sekali ia miliki dalam hidupnya. "Aku merasa lebih santai dan tubuhku jadi terasa lebih sehat, pikiranku juga,"  imbuhnya.


foto: Xportnews

Tapi, wamil selama dua tahun dan absen dari industri hiburan juga membuat Jang Geun Suk merasa nggak enak sama penggemarnya. "Aku merasa bersalah sama penggemarku selama dua tahun itu. Sebelumnya aku nggak pernah sekalipun istirahat dalam waktu lama. Kalau aku lagi nggak di Korea, aku ada di Jepang. Aku pernah berpikir buat nulis di situs penggemar tapi aku nggak ngelakuin itu. Itu malah bikin aku ngerasa aku membuat tembok di antara aku dengan penggemarku sendiri."

Selain absen saat wamil, hal lain yang bikin Jang Geun Suk merasa nggak enak sama penggemarnya karena ia pernah menolak rencana para penggemarnya yang saat itu pengin ngirim coklat di hari Valentine. Jang Geun Suk bilang ke penggemarnya kalau ia menghargai banget kalau penggemarnya nggak ngelakuin hal-hal yang nggak menarik perhatian banyak orang. Karena saat itu ia sendiri sedang menjalankan wamil. Tapi Jang Geun Suk selama itu selalu mengunjungi situs penggemarnya setiap hari.

Pantesan ya, beberapa seleb yang wamil sering bilang kalau wamil nggak semenyeramkan kayak yang selama ini dibayangin malahan berat badan mereka jadi bertambah hihihi



Tautan artikel asli