Forum
Keseruan Online Dance Competition di #FestivalKelasKaskus Kelas Korea
ARTIKEL
July 16, 2020
Penulis KASKUS.HQ
Editor Anindita Nurizki



Kelas Korea merupakan salah satu rangkaian dari #FestivalKelasKaskus Vol 2, dimana acara ini tentu menjadi kelas yang ditunggu tunggu oleh para penggemar Korean Pop Culture. Pada kelas ini, KASKUS hadirkan berbagai rangkaian activity yang tentunya masih kental akan korean wave, diantaranya adalah Talkshow yang membahas K-POP Idol Asia Tenggara, Cooking Class bareng Jun Chef, dan Online Dance Cover Competition yang menyediakan hadiah total puluhan juta rupiah. 

Online Dance Cover Competition merupakan kolaborasi antara KASKUS dengan INVASION Boys, dan pada kompetisi ini INVASION Boys sebagai juri dalam perlombaan ini. Tentunya, acara ini pun juga mendapat dukungan dari Bank Central Asia (BCA) yang juga menyediakan hadiah lewat berbagai activity dalam kelas ini. Sebagai info tambahan, untuk kompetisi kali ini diikuti oleh ratusan peserta, dan sudah dipilih 30 peserta yang terbagi dalam 2 part.



Online Quiz Sponsored by BCA
Tak hanya dapat mantengin aksi para peserta terpilih dan unjuk kebolehan secara live melalui aplikasi Zoom, namun bagi penonton Online Dance Cover Competition pun juga dapat mengikuti quiz berupa Instagram Competition dan Live Quiz dengan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Host seputar produk BCA. Untuk Instagram Competition caranya cukup mudah, cukup dengan capture keseruan jalannya acara ini kemudian sertakan hashtag sesuai ketentuan. Bagi para peserta yang ikut serta dalam Insta Stories Competition, siap-siap aja bakal dapetin hadiah dari BCA berupa uang tunai sebesar @100ribu yang akan diumumkan pada tanggal 15 Juli 2020.



Quiz tak hanya diadakan untuk penonton Online Dance Competition saja, namun ada pula kuis yang diperuntukan bagi para peserta kompetisi ini, caranya cukup dengan menunjukan produk BCA yang digunakan oleh para peserta. 



Gelaran hari pertama Kelas Korea, khususnya untuk Dance Competition dimulai dengan ngobrol santai bareng member INVASION Boys. Obrolan lebih bercerita tentang proses bagaimana bergabung menjadi anggota dari Grup Dance yang kerap menjuarai beberapa kompetisi tersebut. Kemudian acara berlanjut dengan mulai menyapa para peserta terpilih. Online Dance Cover Competition Part 1 ini terdapat 15 peserta terpilih yang terbagi dalam beberapa kelompok. 



Satu per satu pun mereka tampil dengan memperlihatkan kepiawaian mereka dalam hal dance cover. Untuk mekanisme penampilan sendiri, setiap peserta diberi kesempatan untuk menampilkan dance cover mereka dengan durasi 1 menit. Peserta diperbolehkan untuk memilih lagu apa saja, dan kemudian diberi aba-aba oleh MC (Master of Ceremony) untuk mulai. Pada Part ini, Immanuela menjadi peserta pertama tampil dengan mempertontonkan aksi dancena.






Para peserta berusaha menampilkan yang terbaik, namun melihat beberapa penampilan para peserta, adalah faktor audio menjadi salah satu kendala. Dimana secara visual tampak jelas, namun musik dari peserta kurang jelas terdengar. Terlepas dari faktor teknis, namun penampilan para peserta bagus-bagus, malahan beberapa tampil dengan gerakan yang detil dan energik, salah satunya adalah penampilan peserta bernama Aqila yang tampil ke 5 dalam kelompok ke-dua. 


Setiap peserta yang sudah diberi kesempatan untuk tampil, kemudian mendapat respon atau tanggapan dari para Juri, diantaranya adalah komentar dan juga emoticon reaction seperti tampak pada gambar di atas. Pada kesempatan ini pun Dewan Juri membocorkan komentar akan beberapa hal, diantaranya adalah faktor kesiapan, background, kostum, dan juga segi audio. Acara Dance Cover Competition Part 1 pun berakhir, karena harus jeda untuk beralih ke rangkaian kelas Korea lain, yaitu Talkshow yang membahas tentang K-pop Idol asal Asia Tenggara bareng TIFFANI AFIFA & NATYA SHINA.


Lanjut ke Dance Cover Competition Part 2 nih gan, kesempatan ini juga menampilkan 15 peserta yang kembali terbagi dalam tiga kelompok, seperti pada part sebelumnya.


Sama halnya dengan part 1, setiap peserta diberikan kesempatan untuk tampil dengan durasi 1 menit. Tak kalah dengan peserta pada Part 1, peserta yang tampil di Part ini pun juga tampil bagus dengan kostum yang juga keren!. Tak kalah  seru, rangkaian acara berikutnya pun bikin makin betah nongkrongin Dance Competition Kelas Korea, yaitu Random Play Dance bareng INVASION Boys.


Bagi pecinta korean wave (khususnya K-Pop), rasanya tak akan lengkap kalau belum seru-seruan lakukan Random Play Dance. Seperti kita ketahui, bahwa Random play dance sendiri merupakan kegiatan menari di ruang publik yang diikuti oleh banyak orang. Meskipun kelas Korea ini dilakukan secara online, namun suasana Random Play Dance yang dilakukan pada hari pertama dan kedua pun berlangsung seru. Bareng INVASION Boys, para peserta pun secara bersamaan ciptakan tarian massal yang menarik. 

Final Dance Cover Competition 
Babak Final Dance Cover Competition Kelas Korea berlangsung di hari kedua kelas, dimana sebanyak 10 peserta telah dinyatakan lolos untuk tampil di babak pamungkas pada kompetisi ini. Berbeda dengan babak sebelumnya, para finalis diberikan waktu untuk tampil selama 2 menit menunjukan kepiawaian nge-dance untuk bisa menjadi juara dalam kompetisi ini.






Dari 5 penampil di kelompok 1, juri berpendapat bahwa para peserta sudah terlihat lebih siap. Hal ini terbukti dari segi persiapan yang matang seperti kostum yang keren.

Lalu kemudian acara berlanjut dan memberikan kesempatan pada 5 finalis berikutnya untuk tampil.Tak kalah keren dengan kelompok 1, lima penampil di kelompok 2 pun tampil dengan energik, dan dengan ditunjang kostum yang keren banget, Gan!

Para Finalis sudah diberikan kesempatan untuk menampilkan kreasi dance karya mereka, sekarang saatnya menunggu pemenang Dance Competition #FestivalKelasKaskus  di Kelas Korea. Sembari menunggu tim KASKUS mengumpulkan nilai dari para peserta, baik penonton di Zoom dan KASKUS TV pun diberi suguhan menarik, yaitu live performance dari INVASION Boys. 


Random Play Dance sekaligus menjadi kesempatan untuk INVASION Boys menari bersama seluruh peserta di Zoom. Sekaligus, kita bisa menyaksikan aksi grup dance yang beberapa waktu lalu ikut serta dalam kompetisi yang digelar oleh YG Entertainment.

Tibalah saatnya yang ditunggu-tunggu, dimana nama pemenang sudah ditangan host. Berikut adalah nama-nama pemenang dalam Dance Cover Competition #FestivalKelasKaskus Kelas Korea  yang disponsori oleh Bank Central Asia (BCA)



Juara 1 direbut oleh  Aqila Sadika, berhak mendapatkan uang senilai Rp. 3.000.000,-, lalu untuk Juara 2 diraih oleh Raihan Reza mendapatkan Rp. 2.000.000,-, sementara untuk juara ke- 3 ditempati oleh Chaeril Tri Seprians dengan mendapatkan uang senilai Rp. 1.000.000,-. &  . Untuk tempat ke 5 & 6, diraih oleh Anggara & Stefani, dan mereka berhak mendapatkan uang senilai @ Rp. 500.000,-. Lanjut ke peringkat 7 & 6, dimana posisi ini ditempati oleh Noval dan Melly, dan mereka mendapatkan uang senilai @ Rp. 250.000,-. Lalu untuk posisi ke 8 - 10 ditempati oleh Hana, Beauty, dan Willy. Mereka bertiga berhak mendapatkan uang senilai @ Rp. 250.000,-. Sementara untuk Best Performance dalam Online Dance Cover Competition Kelas Korea ini diraih oleh Willy.

Spoiler for Detail Peringkat:   Show


Itulah keseruan jalannya Online Dance Cover Competition dalam Kelas Korea, dan sekali lagi selamat kepada para pemenang, kalian tampil luar biasa, GanSis!. Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan INVASION Boys, dan pastinya juga berkat dukungan dari BCA. Sekian, dan sampai jumpa di kelas berikutnya GanSis…

Sponsored by 


BCA terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
BCA merupakan peserta penjaminan LPS