Forum
Netizen ini Ceritakan Bagaimana Rasanya Menjadi Sasaeng Fans
ARTIKEL
September 08, 2020
Penulis Khiphopjohayo
Editor Augusta Regina
foto : ilustrasi tokoh sasaeng fans, Cindy yang diperankan oleh aktris Kim Bora di drama Her Private Life (sumber : tvN)

Sasaeng Fans adalah jenis penggemar yang paling membuat idol risih dan tidak nyaman. Pasalnya, sasaeng fans adalah istilah untuk menyebut para fans yang terlalu fanatik dan maniak. Para fans tersebut sampai melakukan berbagai hal nekat untuk dekat dengan idolnya. Mereka tidak segan menguntit idolnya dari mulai satu pesawat bareng, menginap di hotel yang sama dengan idol, menyatroni rumah para idol hingga yang paling buruk memata-matai dengan kamera tersembunyi. Deretan hal itu tentu sangat menyebalkan bagi para idol. Namun, bagaimana dari sisi sasaeng fans? apakah mereka merasa tindakannya itu keterlauan atau tidak, lalau sensasi dan perasaan apa yang mereka rasakan? seorang sasaeng fans membuka hal tersebut di aplikasi Quora.

Seorang sasaeng fans yang menggunakan id Gemine Rigel menuturkan rasanya. menurut Gemine Rigel, awalnya ia sangat menikmati perasaan bisa dekat dengan idolanya. Ia juga bilang jika ada rasa supeioritas hingga kecanduan layaknya mengonsumsi narkoba dan seolah itu sudah menjadi bagian dari hidup.

"Pada awalnya, kamu akan menikmati perasaan bahwa kamu dekat dengan mereka. Mau tahu kemana mereka. Apa yang mereka lakukan ketika mereka tidak dalam sorotan. Kamu bisa melihat aslinya mereka. Perasaan seperti mereka teman dekat untukku. Superioritas ada di sana. Itu seperti narkoba yang kamu kecanduan padanya sampai itu menjadi bagian dari kehidupanmu atau sesuatu seperti hidupmu bergantung pada itu. Kamu bisa melihat beberapa dari mereka benar-benar mengencani rekan sesama idol mereka dan kemudian di hari lain atau pekan lain, pasangan lain akan mengejutkanmu. Kalian tahu semua perasaan yang kamu paling tahu apa yang berada di belakang tirai, benarkan? itulah rasanya," tutur Gemine Rigel.

Selain mengungkap rasanya, Gemine Rigel juga menuturkan jika para sasaeng fans bisa mendapatkan uang. Mereka mencari uang dengan menjual informasi para idolnya. Inilah salah satu alasan yang membuatnya terus menjadi sasaeng fans. Meski menjual informasi, ia tak pernah niat untuk menyakiti idolanya, karena niat utama Gemine Rigel jadi sasaeng fans hanya untuk menarik perhatian idolanya saja.

"Siapa yang berpikir kamu juga bisa mendapatkan uang sembari menikmati hobimu. Bertukar informasi tengan diol bisa membingungkan kadang-kadang. Aku telah bertemu orang-orang di grup kami yang menjual informasi palsu jadi kami memblok mereka dan memastikan orang-orang yang bersedia membayar informasi tidak akan ditipu. Walau begitu, itu bukan niatku sesungguhnya untuk menyakiti mereka. Semua yang aku inginkan adalah mereka mengenaliku dan mengingatku," lanjut Gemine Rigel.

Lewat pengalamannya selama menjadi sasaeng fans, Gemine Rigel ternyata pernah terlibat dalam hal yang ekstrem. Ia sempat terlibat dalam insiden menghebohkan dimana boy group SM Ent, EXO hampir diculik oleh sasaeng fans. Ia mengaku saat itu ia merasa gembira ketika akan melakukan aksi tersebut.

https://s.kaskus.id/images/2020/09/08/8391241_202009080947490411.jpg
(Foto: SM Entertainement)

"Jika kamu ingat, EXO hampir saja masuk ke dalam van yang sebenarnya bukan dari SM. Aku nggak ingin mengingat berapa banyak yang kami habiskan untuk itu. Nah, sebagian orang harus mengamati dulu sebelum melakukannya. Coba tebak, yang bisa aku rasakan saat itu hanyalah kegembiraan. Kami sedang mengobrol tentang apa yang akan kami lakukan setelah kami mendapatkannya. Tidak ada yang peduli dengan polisi juga. Selama kita bersama mereka, kita baik-baik saja. Dan tentu saja, kamu tahu apa yang terjadi, semua orang mengutuk orang yang merusak segalanya," kenangnya.

Gak cuma terlibat dengan EXO, Gemine Rigel juga pernah menguntit Jin dari BTS. Ia dengan jujur mengaku gemas melihat reaksi Jin saat dikuntitnya.

https://s.kaskus.id/images/2020/09/08/8391241_202009080949400423.jpg
(Foto: Dispatch)

"Aku tiba-tiba ingian reaksi Jin ketika dia melihatku di belakang pintu beberapa bulan setelah mereka debut. Sejujurnya, itu imut. Dia marah tentu saja kemudian tiba-tiba keluar dan mencari security," jelas Gemine Rigel.

Setelah melakukan segala kegiatan gila itu, ada sebuah kejadian yang menyadarkan Gemini Rigel dan membuatnya mulai mempertanyakan tujuannya menjadi sasaeng. Hal tersebut terjadi pada tahun 2019 saat saat ia menaiki sebuah pesawat yang sama dengan para member BTS. Saat itu, ada seorang sasaeng fans lain yang berdiri ketika para member ke toilet. Kemudian ia menunggu member itu keluar dan saat member itu selesai menggunakan toilet, sasaeng itu masuk dan keluar membawa sesuatu di bungkusan plastik. Sasaeng itu tampak tergelak dan itu membuatnya merasa hal itu hanya dilakukan orang mesum dan membuatnya merasa jijik. Gemine Rigel pun mengaku mulai kurang bersemangat setiap kali menerima pesan di grup soal informasi para idol seperti ketika rekannya memotret seorang idol yang sedang tidur di sauna atau seperti ketika mereka mendapatkan nomor para idol. Ia tiba-tiba merasa lelah dengan semua itu. Gemine Rigel mulai tidak suka pada fakta hidup mereka bergantung pada para idol tersebut.

Di akhir ceritanya, Gemine Rigel mengaku jika dirinya masih belum yakin untuk berhenti jadi sasaeng fans. Tapi, dia mencoba melaukukannya meski sangat sulit karena rasanya seperti berperang dengan diri sendiri.

"Aku gak yakin tetapi mungkin ini sulit untuk saat ini, tapi aku tengah mencoba. Karena aku  harus melawan diriku sendiri, aku harus puas melihat mereka di atas panggung dengan aku ingin melihat mereka lebih banyak. Tapi mungkin  ini bisa menjadi alasan saya untuk berhenti: ketika orang itu menoleh ke aku dan berkata "Kamu harus berhenti sekarang atau kamu akan segera terluka". Dia tidak memohon. Dia memberi nasehat," pungkasnya.

Ya, semoga para sasaeng fans tobat, gila serem banget kalau kayak gitu ya kan guys?