Forum
Mengapa “Kimchi” Menjadi Makanan Wajib Korea yang Populer?
ARTIKEL
October 09, 2020
Penulis edelweis111
Editor Augusta Regina



Hai guys, pasti kalian udah nggak asing dong sama makanan yang satu ini? Karena makanan ini sudah dapat kita temui di berbagai negara manapun ya. Nah, bener banget kali ini kita akan membahas tentang makanan popular di Korea Selatan, yaitu kimchi.

Kimchi merupakan salah satu jenis asinan sayur hasil dari fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum untuk membuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae  yang berarti “sayuran yang direndam.”

Di Korea, kimchi biasanya akan selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Ternyata kimchi memiliki jenis yang beragam. Tercatat ada 187 jenis kimchi yang tersebar di seluruh dataran Korea Selatan.

Selain itu, setiap keluarga memiliki resep yang berbeda-beda dalam membuat kimchi sehingga rasa yang disajikan juga akan bervariasi pula.

Kira-kira gimana ya asal usul kimchi ini?

Kimchi dari Korea ini memiliki sejarah yang bermula pada kebutuhan orang-orang zaman pra sejarah yang menggunakan garam sebagai bahan pengawet. Garam ini kemudian digunakan sebagai pengawet makanan yang akan dimakan pada saat musim dingin dan sudah disiapkan dari sejak musim gugur.

Karena pada musim dingin jenis sayuran yang tumbuh di korea ini sangat terbatas, maka tercetuslah ide untuk mengawetkan makanan. Pada awalnya Kimchi Korea ini diawetkan dengan garam, namun kemudian terbentuklah inovasi dari berbagai macam bumbu untuk mengawetkan Kimchi Korea selain garam, antara lain asinan seafood, daging dan juga cabe merah.


Ada tradisi Korea yang bernama Kimjang, ini merupakan hari dimana semua orang Korea akan membuat Kimchi dalam jumlah yang besar pada hari-hari musim dingin. Pembuatannya Kimchi sendiri dilakukan sebelum masuknya musim dingin, yaitu pada saat angin dingin mulai bertiup sekitar awal bulan November sampai pertengahan bulan Desember.

Ketika hari Kimjang sudah disepakati bersama oleh orang-oorang terdekat seperti keluarga, kerabat dan tetangga, mereka akan berkumpul beramai-ramai di satu tempat untuk membuat Kimchi Korea. Kimchi Korea yang dibuat ini dibuat dan diperkirakan supaya mencukupi sampai musim semi tahun berikutnya yang biasa terjadi pada bulan Mei-April. Tradisi Kimjang ini juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur Orang Korea karena telah melalui satu tahun dengan selamat dan siap memulai kehidupan yang baru pada tahun baru nanti.

Pada awalanya kimchi berwarna hijau karena pada saat itu cabai belum dikenal dikorea. Setelah dicampur dengan garam, sayuran seperti kubis kemudian akan dimasukkan kedalam gentong guci tanah liat lalu dipendam didalam tanah sebagai persediaan makanan di musim dingin. 


Orang Korea baru mengenal cabai diabad 16 setelah pedagang portugis datang dari Jepang.Tahun 1498 kapal-kapal Portugis berlayar melewati Tanjung Harapan di Afrika hingga sampai di India. Selanjutnya cabai asal Amerika Selatan dibawa ke Asia melalui pelabuhan-pelabuhan di Afrika atau bisa juga langsung menyebrang ke Samudera Pasifik.

Tahun 1540 Pedagang Portugis sudah berdagang di Indonesia lalu mereka ke Tiongkok dan baru pada tahun 1549 mereka tiba di Jepang dan Korea. Tahun 1564 Cabai baru sampai di Filipina waktu pedagang Spanyol membawa cabai ke kepulauan Melanesia dan kawasan Mikronesia.

Sebenarnya resep asinan sayur dan labu sudah dimuat dalam buku resep tahun 1670 tapi masih dalam versi tidak memakai cabai. Dari catatan sejarah, Pada abad ke 17 ternyata  ada 11 jenis kimchi yang ditulis, sedangkan kimchi yang sudah pake cabai baru populer bertahun-tahun kemudian ( sekitar 200 tahun) Kenapa? karena sebelum abad 19 kimchi hanya dibuat dari sayuran biasa karena sawi putih belum (kemungkinan besar) dikenal sampai abad 19.

Wah ternyata kimchi memiliki sejarah cukup panjang ya sebelum menjadi sepopuler sekarang!

Selain sebagai cadangan makanan, kimchi ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho! Berikut beragam manfaat dari makanan populer ini.

1.     Bernutrisi tinggi

Kimchi dikatakan memiliki manfaat untuk kesehatan, karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. Diketahui, Kimchi rendah kalori dan berserat tinggi. Makanan fermentasi ini kaya akan vitamin A, B1, B2, hingga vitamin C. Kimchi juga kaya akan asam amino dan mineral seperti zat besi, dan juga kalsium.

2.     Mengatur kolesterol

Rutin dalam mengonsumsi Kimchi dapat berdampak baik pada kadar kolesterol. Bawang putih yang digunakan untuk fermentasi Kimchi, kaya akan selenium dan Allicin. Selenium diketahui merupakan komponen unggulan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat membantu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

3.     Bersifat antioksidan

Kimchi juga kaya akan antioksidan yang kuat. Sifat antioksidan yang dimiliki Kimchi membuatnya memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif dan juga melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

4.     Menurunkan berat badan

Kimchi juga merupakan sumber bakteri lactobacillus sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Bakteri baik ini juga akan membantu menurunkan berat badan yaitu dengan mengendalikan nafsu makan, serta mengurangi kadar gula darah. Kandungan serat dalam Kimchi akan membuat tubuh merasa kenyang dan mencegah untuk tidak makan berlebih.

5.     Anti penuaan

Manfaat berharga lainnya yang diberikan Kimchi adalah ia berkontribusi pada kualitas anti penuaan. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya. Sebuah studi menunjukkan bahwa Kimchi mengurangi stres oksidatif dalam sel dan akan menghambat peroksidasi lipid (kelompok molekul alami dalam tubuh) sehingga dapat memperpanjang umur tubuh.

Ternyata kandungan kimchi memang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan gansis, tak heran makanan ini banyak dilirik oleh negara lain pula. Bahkan, orang Korea sendiri sudah menobatkan makanan yang satu ini menjadi makanan yang harus wajib ada di kondisi apapun. Karena kebanyakan penduduk merasa bahwa makan tidak akan menjadi lengkap kalau tanpa adanya kimchi sebagai pendampingnya.

Kalian udah pernah nyobain makanan populer yang satu ini belum nih?

 
Tautan artikel asli