Forum
6 Makanan Korea Selatan yang Ada Dalam Drama 'Itaewon Class'!
ARTIKEL
October 14, 2020
Penulis archangela13
Editor Augusta Regina

Seperti yang kita ketahui bahwa awal tahun 2020 kemarin ada drama yang sangat mencuri perhatian penonton. Yup bener banget, apalagi kalau bukan drama series Itaewon Class. Selain ceritanya yang menarik dan berani mengangkat isu rasis serta transgender, di sini kalian juga akan disuguhkan dengan berbagai menu makanan yang sangat menggugah selera. Kalian pasti penasaran kan apa saja sih nama makanan tersebut? Yuk kita bahas bersama!

1.     Nasi goreng (Haemul Bokkeumbap)

Di episode pertama, kita melihat Park Sae Ro Yi memasak nasi goreng untuk ayahnya. Akan tetapi, nasi goreng di sini warnanya terlihat pucat dan tidak mengandung banyak kecap. Berbeda dengan di Indonesia, haemul bokkeumbap ini hanya terdiri dari nasi putih yang dibumbui dengan sayur-sayuran. Sebagai pelengkap mereka menambahkan telur mata sapi sebagai tambahan lauknya.


2.     Spicy Soft Tofu Stew (Sundubu Jjigae)

Ini adalah menu andalan dari Danbam Pub yang diciptakan oleh Ma Hyeon Yi. Menu ini menjadi menu favorit di Danbam Pub dan bahkan seorang Jo Yi Seo pun menyukai cita rasa dari makanan satu ini. Sundubu Jjigae memiliki rasa yang nggak terlalu asam. Makanan yang disajikan dalam keadaan mendidih dalam Itaewon Class ini biasanya dilengkapi dengan tahu dan seafood, namun seiring berjalannya waktu, kalian juga bisa menemukan Sundubu Jjigae yang disajikan dengan potongan daging sapi.


3.  Kimchi Jjigae

Kimchi jjigae adalah makanan yang memiliki cita rasa yang mirip dengan sundubu jjigae. Sesuai namanya, Kimchi Jjigae adalah makanan berkuah merah yang berasal dari kimchi dan gochujang. Perpaduan tekstur sayuran yang renyah dengan rasa kuah yang asam, pedas, dan gurih, tentunya akan bikin kalian ketagihan mulai dari suapan pertama.


4.     Korean Soy Bean Stew (Doenjang Jjigae)

Belum dianggap sebagai pencinta kuliner Korea Selatan sejati jika belum mengenal Soybean Stew. Memiliki aroma yang menyengat dan ikonik, menu berkuah ini kemungkinan besar belum tentu populer di mata warga asing. Sebagian besar masyarakat Korea Selatan turut menyantap masakan ini sebagai hangover soup guna mengatasi rasa tidak enak di badan usai minum alkohol.


5.     Soybean Sprout Soup (Kongnamul guk)

Perdebatan antara Choi Seung Kwon dan Jo Yi Seo dimulai saat Choi Seung Kwon menyajikan Soybean Sprout Soup dengan cara yang kurang tepat, yaitu jari jempol mengenai permukaan sup. Sup ini merupakan sup sederhana dan ringan yang kerap disajikan untuk menemani beragam menu utama lainnya di Korea Selatan.

Kongnamul bisa disebut sebagai appetizer atau makanan pembuka. Kongnamul terdiri dari beberapa jenis, dua diantarannya adalah yang kuah polos dan kuah dengan tambahan kimchi. Isi dari makanan ini adalah tauge, namun kalian bisa menambahkan dengan sayuran-sayuran lain sesuai selera masing-masing.


6.     Eomuk Tang

Saat lomba kejuaraan masak, pembawa acaranya mengatakan bahwa banyak kontestan yang memasak Eomuk Tang. Makanan yang serupa dengan odeng atau sate fish cake disajikan dengan kuah. Eomuk Tang adalah makanan yang tepat untuk disantap saat musim dingin, karena dapat menghangatkan tubuh.


Nah, itu dia 6 makanan kas Korea Selatan yang dimunculkan dalam film Itaewon Class guys! Keliatan enak dan menggugah selera banget ya! Kira-kira kalian pengen nyoba nyicipin yang mana nih?

 
Tautan artikel asli