Forum
4 Tahun Berkarya, MASC Akhirnya Putuskan untuk Bubar
ARTIKEL
October 19, 2020
Penulis edelweis111
Editor Augusta Regina


MASC (bahasa Korea마스크; singkatan dari Masculine) adalah group vokal Korea Selatan yang dibentuk oleh JJ Holic Media pada tahun 2016. Mereka memulai debut pada tanggal 19 Agustus 2016 dengan singel pertama mereka Strange dari album mini pertama mereka yang bernama sama Grup ini beranggotakan 4 orang yaitu Woosoo, Heejae, Ireah dan Moonbong. Terbentuknya formasi anggota yang sekarang sempat mengalami beberapa perubahan.

Grup asuhan J Planet Entertainment (dulu JJ Holic Media) ini debut pada tanggal 19 Agustus 2016 dengan 4 anggota yaitu Woosoo, Heejae, ACE dan 26 (Yi Ryuk).

Pada bulan September 2017 MASC menambah 4 personil baru yaitu Daeun, Ireah, Moonbong dan Chibin. Namun pada Juli 2018, dua anggota yaitu ACE dan Chibin terlibat sebuah kasus kekerasan dimana ACE terbukti menganiaya Chibin.

Hal ini menyebabkan keduanya akhirnya memutuskan keluar dari grup. Kemudian disusul 26 (Yi Ryuk) yang mundur dari grup karena ingin fokus menjadi film director. Dan  satu lagi anggota yaitu Daeun memutuskan untuk mundur karena masalah pribadi.

Kembali tersisa 4 anggota, MASC kembali melanjutkan aktivitas mereka. Di tahun ini mereka baru saja comeback pada tanggal 27 Mei kemarin dengan merilis lagu berjudul ‘Maschera’.

Baru meniti karier selama kurang lebih 4 tahun, pada tanggal 18 Oktober 2020 kemarin mereka resmi mengumumkan pembubarannya. Pada hari Minggu lalu, MASC telah mengunggah dua postingan video yakni satu dalam Bahasa Korea dan satu dalam Bahasa Inggris. Video ini berisi mengenai perpisahan dan ucapan terimakasih mereka pada penggemar yang selama telah setia menemani karier mereka hingga kini.



Pada video tersebut pihak MASC mengungkapkan hal berikut :

“Penggemar yang terhormat,

Pada 19 Agustus 2016, kami melakukan penampilan pertama kami sebagai sebuah grup. Sejak itu, empat tahun yang luar biasa bersama kalian, Mabling [fandom resmi MASC]. Empat tahun itu telah dipenuhi dengan kegembiraan dan kebahagiaan karena cinta dan dukungan kalian untuk kami.

Waktunya telah tiba untuk melanjutkan perjalanan baru kita secara individu. Kami berterima kasih atas kenangan dan momen yang dibagikan dengan para penggemar. Kami ingin membalas semua dukungan yang kalian berikan kepada kami sebagai musisi individu. Hati kami tertuju pada kalian semua. Kami tidak akan pernah melupakan rasa syukur kami. Terima kasih.”

Wah sangat disayangkan ya atas pembubaran boy group mereka ini! Semoga mereka selalu tetap bisa berkarya dengan baik meskipun sudah tak tergabung dalam satu group lagi ya!

 
Tautan artikel asli