Forum
Ini Alasan Mengapa Sekarang, Seleb Korea Jarang Muncul di MV K-Pop!
ARTIKEL
October 21, 2020
Penulis ruhilyu
Editor Augusta Regina

https://s.kaskus.id/images/2020/10/21/8391241_202010210322060598.jpg

Kalian  pernah merhatiin enggak model-model yang ada di music video (MV) Kpop? Kalo pada nyadar nih, enggak jarang ada aktor dan aktris drama yang nyempil di MV loh. Yup, para agensi idol biasanya ikut menggandeng aktor dan aktris top buat muncul di MV. Enggak bisa dipungkiri kolaborasi macam ini bener-bener nguntungin dua belah pihak. Umumnya sih popularitas mereka bakal lebih keangkat. Namun belakangan hal kayak gini udah enggak terlalu banyak dilakuin lagi. Hmmm kenapa ya?

Jaman dulu sih mungkin gampang banget nemuin aktor ato aktris Korea di mv Kpop. Tapi kalo sekarang kemunculan mereka udah jarang banget. Produser kenamaan mv Kpop ZANYBROS coba jelasin soal fenomena baru ini. Dalam sebuah tayangan video YouTube bersama AYO, ZANYBROS coba bocorin semuanya.

Permasalahan soal kemunculan artis peran sendiri disinggung oleh salah satu pemirsa AYO. Si komentator ini kayaknya ngerasa kalo seleb top Korea udah enggak sesering dulu muncul di MV Kpop. Kalo kata doi MV sekarang isinya ya 'idol yang nari'. Ya, kalau dirunut ke belakang ke generasi Kpop dulu sih pernyataan itu ada benarnya juga.

Masih inget engga betapa hebohnya K-pop saat Lee Min Ho tampil bareng Sandara Park? Ato kemunculan si cantik Seo Ye Ji di video musik “Let's Not Fall in Love” BIGBANG di tahun 2015. Jangan lupa juga lawan mainnya di 'It's Okay Not To Be Okay', Kim So Hyun juga pernah muncul di MV 'I Yah' nya Boyfriend di tahun 2013. Pokoknya jaman itu lazim banget deh aktor atau aktris drama wara-wiri di MV Kpop. Kalo sekarang sih bisa dikatain udah jarang banget.

Menurut ZANYBROS tren kayak gitu tuh emang mewakilin era sebelumnya. Jadi karena masih ngebawa tren sebelumnya, ya otomatis konsepnya ngikutin. Hong Won Ki dari ZANYBROS nambahin kalo sebagian besar selebriti berhenti muncul di video musik setelah masuk ke generasi kedua K-Pop.

Soal alasannya, menurut Hong, perubahan itu enggak terlepas dari mulai meng-global-nya industri Kpop saat ini. Karena pasarnya udah enggak melulu orang Korea, perusahaanpun mulai atur strategi gimana bisa menarik perhatian dunia. Produser ini nambahin jika fans internasional cenderung lebih suka pertunjukkan kemampuan si idol daripada kemunculan selebritis. Yah, ibaratnya nih daripada ngeliat selebriti yang enggak mereka kenal amat. Para fans internasional ini lebih pengen fokus ke idol mereka.

Penggemar luar negeri suka jika fokusnya pada penampilan dan penyanyi.

—Kim Jun Hong

Nah, karena itulah kenapa kalo kita nonton MV Kpop udah jarang banget ada selebnya. Kalopun butuh karakter ekstra mereka milih kolabs sama idol lain. Kayak saumpama di videonya Blackpink 'Lovesick Girl' deh YG malah milih nampilin musisi laen Loren dari The Black Label.

Tautan artikel asli