Forum
Ditemukan Banyak Kemiripan Video Klip Via Vallen dan IU, Terinspirasi atau Plagiat?
ARTIKEL
October 24, 2020
Penulis Khiphopjohayo
Editor Anindita Nurizki



Pedangdut Indonesia, Via Vallen baru-baru ini bikin penggemar K-Pop sedikit terusik khususnya Uaena. Pedangdut yang kerap mengcover lagu Korea ke genre koplo itu kini menarik perhatian para penggemar IU karena video klip lagu 'Kasih Dengarkanlah Aku' yang bekolaborasi dengan Dyrga Dadali. Dalam video klip yang dirilis di Youtube pada Jumat (23/10/2020) itu didapati banyak adegan yang sangat mirip dengan video klip IU 'Above the Time'. Sebelum ane bahas lebih jauh apa aja yang mirip, cus lihat dulu video klipnya IU dan juga Via Vallen sebagai perbandingan biar kita nyambung ye gan sis.

Video Klip IU



Video Klip Via Vallen


Setelah lihat video di atas, kamu tentu sadar dong ada beberapa adegan yang jelas amat sangat mirip. Bukannya gak mengapresiasi karya anak bangsa, tapi kalau karyanya perlu dipertanyakan keasliannya, masak iya gak kita kasih kritik buat masukan. Jadi adegan IU dan model laki-laki yang menuang air yang ke cangkir itu juga dilakukan Via Vallen dan Dyrga Dadali di video klip mereka. Selain itu, ada adegan dimana IU berbaring berhadapn dengan model video klip dengan latar penuh bunga, hal itu juga dilakukan Via dan Dyrga di video klipnya. 


Yang kelihatan mirip lagi, adalah adegan ketika Via Vallen berdansa di berdansa dengan Dyrga pada menit ke tiga keatas, di situ Via terlihat menari berputar-putar dengan menautkan dua tangan di sebuah tmpat yang disetting bak taman. Hal itu juga dilakukan IU dan model laki-laik dalam video klip "Above Time'. Lalu adegan saat Via Vallen di dalam kotak, itu sama seperti adegan IU dalam perahu yang ada sejak detik 25an ke atas dan masih banyak lagi yang lainnya jika kamu perhatikan detail. 
 
Kesamaan ini tentu membuat beberapa netizen terutama penggemar IU geram, mereka mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi dan mempertanyakan kapasitas pembuat video klip tersebut. Jadi menurut agan sista, ini hanya terinspirasi atau bisa digolongkan plagiarisme ? mengingat IU sudah merilis lebih dlu video klip tersebut sejak tahun 2019 silam.

Update, Ascada Musik label musik yang menaungi Via Vallen sudah angkat bicara lewat postingan pinned comment di Youtoube. Mereka mengaku nggak tau sama sekali perihal konsep video klipnya karena diserahkan kepada sutradara. Ascada Musik lagi menunggu juga nih klarifikasi dari sutradara, Via Vallen nggak ikut campur tentang konsep videonya.


https://s.kaskus.id/images/2020/10/24/8391241_202010240857210309.jpg