Forum
Pasca Kontroversi Lagu Breonna Taylor, Member VICTON Unggah Permohonan Maaf
ARTIKEL
October 27, 2020
Penulis kekoreaan
Editor Augusta Regina


VICTON baru-baru ini mengunggah sebuah video dimana mereka menari menggunakan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi Tobe Nwigwe, yang berjudul “I Need You To (Breonna Taylor)”. Video itu kemudian protes dari kalangan penggemar mereka, ALICE, setelah salah satu member mereka, Sejun, mengunggah video tersebut. Kenapa ya?

Rupanya, dilansir dari Allkpop, lagu tersebut merupakan sebuah lagu yang diciptakan untuk menghormati sosok Breonna Taylor. Beliau adalah seorang wanita berdarah Afrika-Amerika yang ditembak mati di rumahnya di kawasan Louisville, Kentucky. Penembakan tersebut terjadi pada bulan Maret silam, dan dilakukan oleh 3 petugas kepolisian yang berpakaian seperti masyarakat biasa. 

Mantan perwira bernama Brett Hankinson langsung dipecat karena melakukan penembakan secara membabi buta ke arah teras dan pintu apartemen milik Breonna Taylor. Hal ini sudah melanggar aturan yang berlaku di kepolisian. Brett Hankison kemudian didakwa atas 3 dakwaan karena membahayakan tetangga Breonna Taylor dengan ceroboh.

Sayangnya, tidak ada dakwaan untuk dua rekannya, Jonathan Mattingly dan Myles Cosgrove, serta tidak ada yang dinyatakan bersalah atas kematian Breonna Taylor.

Atas kejadian yang tidak adil ini, lagu “I Need You To (Breonna Taylor)” diciptakan dan dinyanyikan oleh Tobe Nwigwe dan dirilis pada bulan Juli 2020 silam. Lagu ini punya pesan yang menggambarkan permintaan masyarakat untuk memberikan hukuman kepada mereka yang bertanggung jawab atas kematian Breonna.



Karena itulah, VICTON yang menggunakan lagu tersebut dalam video mereka menerima banyak kritik dari kalangan penggemar. Saat ini, video tersebut sudah dihapus. Member VICTON, Sejun, kemudian mengunggah permintaan maaf melalui akun Instagramnya. Tidak hanya Sejun, Seungsik dan Subin juga sudah mengunggah permohonan maaf atas kejadian ini melalui akun Instagram resmi mereka.



Sejun mengakui kesalahannya karena tidak mengetahui arti dari lagu yang ia digunakan dalam videonya. Dia juga meminta maaf karena sudah menyakiti banyak penggemar dari mancanegara. 

Sebelumnya, Sejun juga sempat melakukan siaran VLIVE pasca kejadian tersebut. Namun saat itu, Sejun tidak memohon maaf dengan benar, maka dia juga meminta maaf secara resmi atas siarannya di VLIVE. Sejun juga berjanji untuk memperbaiki kesalahannya dan berusaha menjadi lebih baik lagi di masa depan.


Subin juga memohon maaf atas kejadian ini dan mengatakan bahwa di masa-masa rehat dari jadwal promosi, dia, Seungsik dan Sejun memang melakukan kelas koreografi dan mereka merekam video di setiap kelasnya. Itulah alasan mengapa member VICTON tersebut merekam video tersebut. Seungsik pun melakukan permintaan maaf yang kurang lebih sama dengan kedua rekannya.





Semoga ini menjadi pelajaran berharga buat semuanya supaya sebelum menggunakan sebuah lagu untuk sesuatu, bisa dicari dulu makna nya, agar tidak menyebabkan kesalahpahaman seperti ini.

Semangat, VICTON!