Forum
BLACKPINK Terkena Kontroversi Soal Panda, Agensi Beri Pernyataan Resmi
ARTIKEL
November 09, 2020
Penulis rosea0276
Editor Augusta Regina


Girl group naungan YG Entertainment 'BLACKPINK' baru-baru ini tersandung kontroversi gara-gara interaksi mereka dengan bayi panda bernama Fubao. Dalam sebuah video pratinjau acara reality show mereka '24/365 with BLACKPINK', para member terlihat memeluk dan bercengkrama secara dekat dengan Fubao. Interaksi dekat ini menuai kecaman dari publik China karena para member 'Blackpink' dianggap melanggar protokol dan aturan berinetraksi dengan si bayi panda. Publik China mengecam hal tersebut dengan alasan tindakan para member itu bisa membahayakan si bayi panda. Mengingat, mereka bukan penjaga hewan yang profesional dan berpotensi menginfeksi bayi panda dengan virus dari luar atau hewan peliharaan mereka.

Akibat kecaman tersebut, beberapa fans pun menyarankan YG Entertainment selaku agensi 'BLACKPINK' untuk menarik penayangan episode lengkap dari reality show tersebut demi meminimalisir risiko hukum yang bisa menjerat member 'BLACKPINK' dan agensi. Hasilnya, YG Entertainment akhirnya mengumumkan penundaan tayangan lengkap episode tersebut. Selain mengumumkan penundaan tersebut, YG Entertainment juga memberi penjelasan dan pengeasan jika aksi para member 'Blackpink' di acara tersebut di bawah pengawasan para penjaga kebun binatang. Selain itu, mereka juga sudah mengikuti protokol kesehatan yang diharuskan.

"Halo. Kami telah memutuskan untuk menunda perilisan "Episode Terakhir" dari "24/365 with BLACKPINK" BLACKPINK, yang semula dijadwalkan pada hari ini, 7 November Sabtu.

Harap diperhatikan bahwa interaksi BLACKPINK dengan panda Kebun Binatang Everland berlangsung di bawah pengawasan profesional dari dokter hewan dan penjaga kebun binatang. Kami mengikuti protokol karantina dan higienis yang ketat. Anggota BLACKPINK tetap mengenakan pakaian pelindung, bertopeng, dan bersarung tangan saat mereka berhubungan dengan bayi panda. Kami juga meyakinkan anda bahwa tangan dan sepatu setiap orang telah dibersihkan secara teratur selama proses pengambilan gambar," tulis YG Ent dalam pernyataannya.

Meski begitu, agensi menyetujui jika siaran tersebut bisa menyebabkan kesalahpahaman. YG Ent juga berterima kasih pada perhatian para penggemar dan berharap agar penggemar terus mencintai para member 'BLACKPINK' dan juga si bayi panda Fubao.

"Terlepas dari itu, kami memahami dan setuju dengan saran para ahli pengawetan bahwa "siaran non-profesional yang berinteraksi erat dengan bayi panda" dapat menyebabkan berbagai jenis kesalahpahaman. Kami juga menghargai dan menghormati kerjasama internasional. Karenanya, kami memutuskan untuk tidak menayangkan episode tersebut.Kami berterima kasih atas perhatian anda. Adapun anggota BLACKPINK dan panda yang berpartisipasi dalam syuting episode ini, terus kirimkan cinta dan perhatian tak terbagi anda kepada mereka.


Langkah yang diambil YG Entertainment ini bisa dibilang tepat. Terlepas dari benar atau salah, kontroversi ini bisa merembet kemana-mana, pasalnya panda di seluruh dunia berstatus milik China dan para kebun bintang hanya menyewanya. Meski si bayi panda baik-baik saja, kabarnya kontroversi ini tengah diselidiki oleh Pusat Penelitian & Konservasi Panda Raksasa China.

Tautan artikel asli